Ilmu Menayuh Keris…..?

Ilmu Tayuh Keris adalah sejenis ilmu tradisional yang digunakan untuk menentukan apakah sebilah keris akan cocok dipakai atau dimiliki oleh seseorang, atau tidak. Ilmu ini terutama bermanfaat untuk meningkatkan kepekaan seseorang agar dia dapat menangkap kesan karakter sebilah keris dan menyesuaikan dengan kesan karakter dari calon pemiliknya.

Contohnya, keris yang menampilkan karakter keras, galak, tidak baik dipakai oleh seorang yang sifatnya keras dan kasar. Untuk orang semacam itu sebaiknya dipilihkan keris yang karakternya lembut, dingin.

Cara Me-nayuh

Ada berbagai cara untuk me-nayuh sebilah keris atau tombak. Di Pulau Jawa dan dibeberapa daerah lainnya, yang terbanyak adalah dengan cara meletakkan keris atau tombak itu di bawah bantal, atau langsung dibawah tengkuk, sebelum tidur. Agar aman, keris atau tombak itu lebih dahulu diikat dengan sehelai kain dengan sarungnya. Dengan cara ini si Pemilik atau orang yang me-nayuh itu berharap dapat bertemu dengan ‘isi’ keris dalam mimpinya. Namun cara ini tidak senantiasa berhasil. Kadang-kadang mimpi yang dinantikan tidak muncul, atau seandainya mimpi, sesudah bangun lupa akan isi mimpinya.

Jika malam pertama tidak berhasil biasanya akan diulangi pada malam berikutnya, dan seterusnya sampai mimpi yang diharapkan itu datang. Keris atau tombak itu dianggap cocok atau jodoh, bilamana pada saat ditayuh orang bermimpi bertemu dengan seorang bayi, anak, gadis, atau wanita, pemuda atau orang tua, yang menyatakan ingin ikut, ingin diangkat anak, atau ingin diperistri.

Bisa jadi, yang ditemui dalam mimpi termasuk juga makhluk yang menakutkan. Mimpi yang serupa itu ditafsirkan sebagai isyarat dari ‘isi’ keris yang cocok atau tidak cocok untuk dimiliki.

Bagi orang awan, cara me-nayuh lewat mimpi inilah yang sering dilakukan, juga sampai sekarang. Selain cara itu masih banyak lagi cara lainnya. Untuk dapat me-nayuh keris atau tosan aji lainnya, tidak harus lebih dulu menjadi seorang ahli. Orang awan pun bisa, asalkan tahu caranya.

Dalam masyarakat perkerisan juga dikenal apa yang disebut keris tayuhan, yaitu keris yang dalam pembuatannya lebih mementingkan soal tuah daripada keindahan garap, pemilihan bahan besi, dan pembuatan pamornya. Keris semacam itu biasanya mempunyai kesan wingit, angker, memancarkan perbawa, dan ada kalanya menakutkan.

Walaupun segi keindahan tidak dinomorsatukan, namun keris itu tetap indah karena pembuatnya adalah seorang empu. Padahal seorang empu, tentulah orang yang mempunyai kepekaan keindahan yang tinggi. Patut diketahui, keris-keris pusaka milik keraton, baik di Yogyakarta maupun di Surakarta, pada umumnya adalah jenis keris tayuhan. Dapur keris tayuhan, biasanya juga sederhana, biasanya juga sederhana, misalnya, Tilam Upih, Jalak Dinding, dan Mahesa Lajer.

Bukan jenis dapur keris yang mewah semacam Nagasasra, Naga Salira, Naga Kikik, atau Singa Barong. Selain itu, keris tayuhan umumnya berpamor tiban. Bukan pamor rekan. Di kalangan peminat dan pecinta keris, keris tayuhan bukan keris yang mudah diperlihatkan pada orang lain, apalagi dengan tujuan untuk dipamerkan. Keris tayuhan biasanya disimpan dalam kamar pribadi dan hanya dibawa keluar kamar jika akan dibersihkan atau diwarangi.(sumber:kpnlg)

About these ads

116 Komentar

  1. tienra said,

    April 8, 2009 at 12:04 pm

    tukeran link yuk?

  2. Deny Utama said,

    Mei 21, 2009 at 4:54 am

    Salam, Saya hendak diwariskan Keris naga runcing oleh bapak saya. Sebelumnya saya ingin tahu terlebih dahulu mengenai keris naga runcing dan apa yang harus saya lakukan jika keris itu sudah berada di tangan saya.
    Saya sangat membutuhkan jketerangan atau jawabannya.
    Sebelumnnya saya ucapkan terima kasih.

    • darupurwita1bdr said,

      Mei 21, 2009 at 7:51 am

      terima kasih,atas kunjungannya,untuk keris naga macamnya sangat banyak,dari naga dewa,raja,sosro,kikik,manten/kembar,kembang,runcing/trincing,dll,untuk perawatannya tiap malam jumat legi diberi kembang telon/3 macam dan minyak misik atau cendana,tapi kalau tidak sempat cukup diberi minyak misik atau cendana tiap 1 bulan sekali,tapi hati2 dalam merawat pusaka jangan terlalu fanatik karena dapat menyebabkan musyrik. terima kasih

      • Ricci said,

        Agustus 15, 2010 at 6:36 pm

        betul….

  3. herumarendra said,

    Desember 26, 2009 at 8:22 pm

    terimakasih sblmnya”saya memiliki keris yg berpamor panda 5 dan d sisi satu nya semar,petruk,gareng dan bagong,Yg saya ingin tau apa nama keris yg saya punya itu,,,,,,,
    Saya mnta inpormasi nya,Terima kasih

    • Pandawa Lima said,

      Januari 4, 2010 at 6:52 am

      kalau pusaka pandawa lima tidak ada gambarnya semar,gareng petruk,bagong,jadi menurut saya itu namanya pusaka SEMAR GARENG PETRUK ( nama pusaka ini memang ada ) tp gak ada gambar bagongnya,bentuknya bisa berupa keris,tombak,payung.Yang pas untuk membawanya adalah seorang pelaku tirakat ( orang yang senang lelaku/tirakat),tidak cocok bagi pejabat.kalau ada informasi yang salah mohon sebelumnya.

    • arief said,

      Desember 9, 2010 at 5:50 am

      pak saya minat dengan keris bapak..mungkin dimaharkan…minta fotonya..saya tunggu

  4. Heru Supriantono said,

    April 4, 2010 at 11:01 am

    salam pandawa, saya punya pusaka, panjangnya kira-kira 11,5 cm, mempunyai gambar dua naga dengan ekor menghadap keatas dua kepala di bawah (singkur-singkuran), warnanya kuning, hingga saat ini saya belum tau nama pusaka tersebut, mohon bantuan apabila pendawa tahu nama pusaka tersebut. terima kasih sebelumnya.

  5. Heru said,

    April 5, 2010 at 5:33 pm

    salam pandawa, saya punya keris kira-kira ukurannya 11.5 cm, warna kuning, ada gambar naga kembar dengan ekor diatas dan kepala dibawah ( saling singkur ), mohon petunjuk nama dari keris ini apa ? terima kasih sebelumnya, salam

    • Pandawa Lima said,

      April 7, 2010 at 5:06 am

      itu namanya pusaka nogo manten yang kegunaannya untuk menjaga keharmonisan rumah tangga dan pageran untuk acara hajatan.

  6. Heru said,

    April 10, 2010 at 1:57 am

    terima kasih banyak pandawa, mungkin pandawa punya YM, saya ingin sekali mempelajari kebudayaan jawa, terutama tentang pusaka, terima kasih sebelumnya

  7. wahyu said,

    April 30, 2010 at 6:21 am

    saya mempunyai ktanya orang ce..seken yg ga ada luknya…..di badan kerisnya terdapat garis miring ke atas kayak daun pring c yg jumlahnya 9…kanan dan kiri…depan dan belakang di tengah-tengah ada garis vertikal…yg saya tanyakan kira-kira apa ada yoninya…????

  8. wahyu said,

    April 30, 2010 at 6:28 am

    saya mempunyai ktanya orang ce..seken yg ga ada luknya…..di badan kerisnya terdapat garis miring ke atas kayak daun pring c yg jumlahnya 9…kanan dan kiri…depan dan belakang di tengah-tengah ada garis vertikal…yg saya tanyakan kira-kira apa yoninya…????

  9. Putra said,

    Mei 7, 2010 at 11:53 am

    Salam Pandawa,
    saya punya 2 keris kira2 panjangny hampir sejengkal, yg satu trbuat dr kuningn dan ber-luk 7, dan yg satuny ber-luk 5 terbuat dr besi. Keduany mempunyai tulisan/huruf arab. Mohon Pandawa memberi tau apa nama kedua keris saya tersebut.
    Sebelumnya saya ucapkn terima kasih.

  10. Ricci said,

    Agustus 15, 2010 at 6:46 pm

    salam pandawa…..
    tolong add email aq dong…
    oia mw tanya ni….ma’af

    aq punya keris ukran besar luk 9 dibilahnya setelah dibersihkan warna besi dasarnya putih kering tp….ditengah2 bilah ada garis2 warna kuning kaya tembaga, diwarangka terlapis bahan kuningan.

    satu lg keris kecil luk 7 disisi bilah ada gambar ekor ular sampai ujung bilah, dan bolong tengah pada bilah hampir pada jejernya jika diamati mirip kepala ular….

    saya gunakan tayuh (mpe 3 minggu ga mimpi2) saya cabut dari warangka didiemin 2 hari malah ribut aja ma keluarga

    pemberi barang hanya kasih tw ada pesan dari sukma barg tsb untuk diberikan kpd saya

    mhn pencerahannya untuk para senior2….

    • Pandawa Lima said,

      September 25, 2010 at 2:50 am

      di coba dengan cara paling mudah dulu,kita harus melek ( tidur diatas jam 1 malam ),dengan niat ingin mengetahui isi/khodam keris tersebut,lebih baik lagi disertai puasa sunnah,biasanya minimal 3 hari sudah dapat petunjuk,lama tidaknya dalam mendapat petunjuk tergantung niat kita.trims.

      • Ricci said,

        November 13, 2010 at 7:41 am

        thx mas infonya, wlw saya tdk mimpi2 tp dalam keseharian dah mulai terasa, c/o saya itu seorang debt collctor KSP semua nasabah yg mulai ga bayar rata2 kehidupannya ga bner alias berantakan sampai2 usaha dia macet hal ini sangat iba sekali sbg hati seorang manusia, tp jika dia lancar2 maka dia tambah maju usahanya

      • Dj Maxin said,

        Februari 19, 2013 at 4:57 am

        makasih infonya

  11. roedy said,

    September 5, 2010 at 4:03 pm

    salam kenal,

    saya roedy saya dititipi pusaka dari kakek bagai mana cara menayuh pusaka yang benar, biar bisa bertemu dan bercakap2 dengan khodam nya, biar saya bisa mengurus nya dengan benar, udah beberapa kali saya coba tapi cuma mimpi siloka aja ngak bertemu langsung, pernah juga dateng tapi dia cuma duduk2 aja ngak bilang apa2, minta penjelasannya ,
    sebelum nya saya ucapkan terimakasih.

    wassalam

    Roedy

  12. Roedy said,

    September 5, 2010 at 4:13 pm

    salam kenal,

    saya roedy, saya dititipi kakek sebuah pusaka (berbentuk selendang) bagai mana cara menayuh yang benar biar bisa berdialog dengan khodam didalam nya, beberapa kali saya bermimpi tapi tidak bilang apa2, cuma siloka aja tentang selendang itu, mohon bantuan nya cara menayuh yang benar, terima kash sebelumnya,

    wassalam

    Roedy

    • Pandawa Lima said,

      September 25, 2010 at 2:57 am

      anda sudah bermimpi dengan khodan penghuni selendang itu berarti khodam tersebut sudah bersedia ikut anda/berjodoh dengan anda Insya Allah,tapi hati hati ya jangan sampai musyrik,untuk bisa berbicara dengan khodam pusaka itu membutuhkan lelaku dan guru spiritual,cobalah anda mencari guru yang baik agar tidak tersesat.trims.

  13. fadly said,

    November 8, 2010 at 6:01 pm

    salam ukhwah,ingin saya bertanya,adakah Keris Semar atau Semar punya nama yang disebut Darawati, Jambolitar? saya punya Keris Pendawa Lok 5. Minta bantuan saudara guru2 agar ilmu itu dijalan benar dan diberkati.

  14. wildan said,

    November 9, 2010 at 8:35 am

    Mohon pencerahannya, gimana cara menjamas pusaka/keris dan apa aja bahan yg perlu disiapkan ama do’a apa yg betul untuk menjamas pusaka, masalahnya di daerah sy udah tidak ada lagi orang yg bisa menjamas pusaka, maturnuwun, dr sy Wildan.

  15. eka said,

    Desember 26, 2010 at 10:51 am

    salam, saya eka punya keris sengkelat luk13 ada wnr putih sperti kilat itu pamornya apa & fungsinya tuk apa? trima kasih

  16. Ricci Perdana said,

    Desember 27, 2010 at 10:58 am

    mas, aq mw kirim foto keris ada yang mw ditanyakan mengenai dapur, tangguh, pamornya sekaligus penggunaannya bgmn ???
    tlg kirim alamat emailnya y

  17. danny said,

    Januari 9, 2011 at 3:26 am

    Apakah ada mantra atau doa utk menayuh sebilah tosan aji..??

  18. Heri Kopenhegen said,

    Maret 25, 2011 at 6:58 am

    mf saya mau bertanya saya dapat keris naga bumi luk 5 bagaimana cara saya mengetahui isi keris tersebut

    • Pandawa Lima said,

      Mei 14, 2011 at 7:28 am

      untuk cara menayuh keris pusaka dapat dilihat pada balasan comment sebelumnya.trims.

  19. kukuh said,

    April 26, 2011 at 6:07 am

    bgaimana cara menayuh keris pandawa 5..
    Yg memiliki pamor nya ada 15 pamor..
    Dlu keris ini saya mmbuat sendiri/pesan

  20. Yono said,

    Agustus 5, 2011 at 2:07 pm

    Ak 3hari yglalu memahari keris tetangnga,ak penasaran ada kodam nya ndak trus ak bawa ke paranormal siA dan siB.tapi kok malah ngak brani ngontrol.kemana lagi ya ak cari yang mau nayuh keris ni.di taruh di bawah bantal ngak mimpi apa2.penasaran ak..kerisnya lurus klo ndak salah dapur sempaner pamor pendaringan kebak.

    • Pandawa Lima said,

      September 8, 2011 at 7:51 am

      ilmu menayuh keris lainnya ada di postingan sebelumnya ada,ditaruh di bawah bantal itu cara yang paling sederhana,alasannya dari paranormal siA/siB kenapa kok gak bisa ngontrol…?coba dibawa ke seorang ulama kira2 jawabannya apa,trus awas keris palsu ya..?trus hati2 dalam merawat pusaka biar gak terjerumus dlm kemusyrikan ya mas,trims.

  21. noviyanto said,

    September 28, 2011 at 10:30 pm

    aslamualaikum……….
    Wah…..
    saya bersyukur bisa tahu blog ini mudah”an bermanfaat u/ saya oR yg laninnya,
    terlebih tentang pengetahuan keris, saya pengen belajar tahu tentang keris.
    masa saya orang jawa tdk tahu kebudayaannya.
    terima kasih….
    salam rahayu

    • Pandawa Lima said,

      Oktober 1, 2011 at 5:26 am

      kita memang harus melestarikan kebudayaan kita,jgn sampai hilang tertelan oleh jaman.

      • Noviyanto said,

        Oktober 8, 2011 at 9:25 am

        Saya mau tNya pak….
        Saya pNya keris “BROJOL JANUR SINERBIT TUBAN”
        bagus gk menurut sampean?
        tu keris pertama saya :)
        bisa mnta alamat YM
        suwun

      • Pandawa Lima said,

        Oktober 10, 2011 at 4:01 am

        keris brojol itu dipercaya mempunyai daya kekuatan doa dari sang empu untuk membantu proses kelahiran,mengenai jenis pamornya aq kurang begitu tahu,karena belum pernah tahu pamor janur sinerbit tuban,biasanya khodam yg menunggu keris brojol sifatnya baik semua dan mempunyai cahaya aura berwarna kuning,Insya Allah.

  22. noviyanto said,

    Oktober 14, 2011 at 9:35 pm

    oH….. bgtu
    tErima kasih bnyak, atas penjelasannya :)
    ini link gambarnya kang https://www.facebook.com/media/set/?set=a.175444559203370.45004.100002134827472&type=1#!/media/set/?set=a.175444559203370.45004.100002134827472&type=1

  23. iwan said,

    November 30, 2011 at 1:19 am

    assalamualikum.wr.wb…..sy ingin bertanya ki<pada suat hari sy membeli keris dari seorang kolektor lalu sy taruh di dlm kamar tepat nya di atas lemari dan tdk ada mimpi apapun…esok hari nya keris itu semua sy pindah kan di ruangan dapur dan sy tempel dgn tmbok..malam nya sy bermimpi kalo rumah sy pindah dan rumah itu tampak jelek dan menyeramkan.setelah sy pikirkan akhir nya sy pindah kan lagi ke tmpt asal nya yaitu di atas lemari.yg ingin sy tanyakan apa mksd dr mimpi sy itu yaa ki????

  24. Januari 16, 2012 at 4:08 am

    saya punya keris luk 27..namanya apa pak…dan untuk menetralisir suara “klotek-klotek” bagaimana caranya, maaf koleksi keris saya ada 9 buah dan 2 pedang ( lameng dan pedang polisi jaman belanda )

    • Pandawa Lima said,

      Januari 26, 2012 at 6:05 am

      utk menghilangkan suara klotek2 coba jgn dicampur,dgn cara dicoba dipisahkan satu2.

    • Pandawa Lima said,

      Januari 26, 2012 at 6:06 am

      untuk menghilangkan suara klotek2 coba kerisnya jgn di campur.terima kasih.

    • Pandawa Lima said,

      Januari 26, 2012 at 6:06 am

      untuk menghilangkan suara klotek2 coba kerisnya jgn di campur.terima kasih.

  25. raka said,

    Februari 3, 2012 at 1:02 pm

    mas pandawa saya crita dikit temen saya lg kena musibah intinya butuh dana,dan dia menawarkan keris kepada saya ktnya warisan almarhum bpknya,akhirnya sy mahar sesuai kemampuan saya panjang kira-kira 25cm,bentuknya naga kepalanya 3D posisi di bawah dibawah mulut menganga berkumis luk 9,ekornya diatas,yg deretan kepala bergerigi(kotak/ tidah pipih) kesan kayah gergaji,yg samping pipih biasa kyk keris umumnya,warna kuning kombinasi item tembaga,gk tau bahanya dr kuningan apa emas .yg sy tanyakan apa nama keris tsb.(kira2 asli apa palsu),beraura baik ato jelek,mohon petunjuk,nuwun

    • Pandawa Lima said,

      Maret 21, 2012 at 6:33 am

      terima kasih sebelumnya atas kunjungannya,kalau melihat ciri yg mas sebutkan kayaknya keris nogososro,tp saya gak bisa memastikan karena gak ada fotonya,semua keris nogo sosro yg asli,ber kinatah ( berlapis ) emas,trus kalau kuningan saya gak bisa memastikan keasliaannya,kalau pun ada biasanya keris hias,atau keris yang asma’an,kalau jenisnya betul nogososro semua jenis pusaka itu beraura baik tp sifatnya khodamnya kebanyakn galak/kereng,mungkin itu jawabannya yang bisa saya berikan,seandainya ada jawaban saya yang kurang pas/salah di hati mas maaf sebelumnya,terima kasih.

  26. Februari 8, 2012 at 3:20 pm

    q baru aja beli keris semar berkhodam,, trus cara merawatnya dikasih minyak misik dibagian apanya? semuanya atau pucuknya saja. mohon informasinya, trims

    • Pandawa Lima said,

      Maret 21, 2012 at 6:35 am

      semuanya saja gak pa2,terus lebih baik di olesi 1 bulan sekali.kalau gak bisa ya 1 tahun sekali gak papa,terima ksih.

  27. raka said,

    Februari 12, 2012 at 8:06 am

    sundul…. mas pandawa,kok blm ada balasan tentang keris naga saya

  28. RIZAL said,

    Februari 21, 2012 at 3:16 am

    permisi mau tanya pak
    saya dulu pernah dikasih keris sama seseorang namanya SINGO LAWU.keris ini ada dua yg 1 laki2 yg 1 perempuan..karena kerisnya harus dipisah jadi yg laki2 dikasihkan ke saya..saya suka sama ini keris.tp saya belum pernah ditemuin sama penunggu keris.sering saya diingat kan sama orang pintar.kalo keris ini suka ikut sama saya.sampai berapa lama.akhirnya keris itu dipinjam teman saya..pas saya mau ambil..katanya keris itu hilang..lah semenjak hilang.anehnya tetangga saya bilang klo sering lihat sesosok singa itu keluar dari rumah saya..kadang singa itu mondar mandir dihalaman rumah..

    mungkin bapak bisa membantu untuk menjelaskan.trimah kasih

  29. Oember said,

    Maret 8, 2012 at 3:52 pm

    ..pak sbelom_na sy ucapin salam kenal..

    sy punya keris luk 5 dr kuningan,kira2 pnjgnya g sampe sejempol.
    itu keris apa?

  30. minak jinggo said,

    Maret 17, 2012 at 5:23 am

    tlg bntu sy gmana cr mengeluarkan sinar dr pusuka

  31. arief surabaya said,

    Maret 24, 2012 at 1:26 pm

    SAYA PUNYA KERIS OMYANG JIMBE SEPASANG LUK 7..PANJANGNYA KESELURUHAN 24 CM.. FOTONYA ADA DI http://www.facebook.com/ariefjuker ….TLG TAYUHKAN NAMA KHODAM DAN SESAJINYA.. dan cara merawatnya..T.KASIH

    • Pandawa Lima said,

      April 23, 2012 at 5:30 am

      cukup tiap satu bulan sekali diolesi minyak jafaron/cendana,kalau bisa ditambah kembang telon,dalam merawat pusaka jangan di biasakan memberi sesajen yang berlebihan,agar khodam yang ada di dalam pusaka tersebut tidak mudah meminta yang macam2,terima kasih.

  32. anton said,

    April 5, 2012 at 8:05 am

    aq pny keris naga sasra pasir inten luk 13 tp kecil gan ga sprti keris laen besar2 warangka dr kayu cendana bila aq marah n aq bawa kerisnya badan aq terasa bergetar bila orang yg menyetuh tubuhku,hidupku pun berubah stlah mendapatkan keris itu segala hajat slalu tercapai tp aq takut suatu hr nanti akan minta wadal,mohon penjelasan gan..?08817207251

    • Pandawa Lima said,

      April 23, 2012 at 5:26 am

      semua jenis pusaka naga sasra baik yang besar maupun yang kecil mempunyai sifat yang ( kereng )/ galak,salah satu cirinya jika tidak kuat membawa keris naga sasra badan terasa panas/badan sakit2tan/suami istri sering cek cok karena terpengaruh hawa panas di dalam rumah/mudah marah/mengundang emosi orang lain,jadi pada dasarnya jika kita memiliki pusaka naga sasra kita harus menundukkan kekuatan khodam pusaka tersebut dengan cara bisa mengobtrol hawa nafsu khususnya nafsu amarah.Selama kita tidak meminta bantuan sama pusaka tersebut,Insya ALLAH pusaka tersebut tidak akan meminta wadal,cukup dirawat dengan satu bulan sekali di olesi minyak jafaron/cendana,terima kasih,

  33. arief said,

    April 14, 2012 at 9:18 am

    ass..wrwb
    pak saya mau tanya bagaimana, cara mengetahui isi semar mesem yg saya miliki
    trimss

  34. April 26, 2012 at 5:16 am

    MBOKU BUMI BAPAKU BANYU
    MBOKU WENGI BAPAKU RAINA
    KAKANG PEMBAREP ADI PEMBUNTAS,DINANE PITU RANGKEPE LIMA YA ALLAH 3X..KOLO NYUWUN REZEKI

  35. Mei 8, 2012 at 4:04 pm

    Assalamualaikum saya mau tanya Keris pandawa lima kegunaannya tuk apa pak?

  36. heru budiarto said,

    Mei 16, 2012 at 2:14 pm

    assalamualaikum mas pandawa.mau tanya,saya punya keris kecil,wrna kuning dan klo gk salah bertuliskan lapadzh allah.saya mau tau keris itu namanya apa ya?gsinya utk apa?
    waktu sya tdur saya mendengar ada yang berbicara kpd saya tpi gk ad wujudnya”keris itu jangan di tindih”jdi skrng saya kalungin.terimakasih.

  37. Marsidiq said,

    Juli 25, 2012 at 4:03 am

    assalamualaikum mas pandawa saya mau nanya beberapa tahun lau saya diamanati teman yang kemudian teman tersebut meninggal dunia ,sebuah keris berkepala naga yang mulutnya menggigit bola berwarna putih,tolong dikasih tahu namanya apa dan kegunaannya klo boleh cara merawatnya gimana

  38. BP her said,

    Oktober 12, 2012 at 7:18 pm

    asalamualaikum mas pandawa…saya memiliki keris eluk 9 berpamor seperti air mengalir keatas..di pangkal bawah berbentuk ukiran timbul seperti hewan berkaki 4 seperti kerbau atau rusa memiliki ekor jga tidak bertanduk di atas kepala ada 2telinganya menjurus kedepan…dengan sangat hormat saya mita petujuknya,apa nama keris tersebut dan apa yang saya harus perbuat untuk keris tersebut….terimasih sebelumnya..(.Bp her…

    • Pandawa Lima said,

      Oktober 23, 2012 at 3:17 am

      maaf sebelumnya,kalau gak ada gambarnya agak sulit menjawabnya,tp saya ttp akan berusaha menjawabnya sesuai dgn kemampuan saya,melihat ciri yg seperti mas sebutkan sepertinya itu pusaka nogo kikik ( maaf kalau salah ),untuk perawatannya tiap malam jumat legi diberi kembang telon + minyak cendana/misik ( kalau gak ada kembang telon cukup diolesi minyak saja gak pa2 )kembang telon berfungsi agar khodam penjaga pusaka tersebut agar tidak mudah hilang,sedangkan minyak berfungsi agar besi tidak karatan,hati2 dalam merawat suatu pusaka,jgn sampai medewakannya takutnya nanti bisa menjadi musyrik,kalau fungsinya untuk penjaga rumah dari segala gangguan lahir maupun bathin Insya ALLAH,mungkin itu jawaban yg bisa saya berikan,jika ada yang salah maaf sebelumnya,terima kasih atas kunjungannya.

      • dragcool said,

        November 2, 2012 at 4:13 am

        terima kasih sekali mas pandawa atas jawabannya

      • wahyu said,

        November 16, 2012 at 4:33 pm

        Sugeng rahayu… Mas ada pin  biar saya bisa kirim foto keris saya.

        Τнäиκчöü

  39. idward lufti gumai said,

    Oktober 19, 2012 at 4:10 am

    salam kenal..saya punyang keris nogo runting kembar luk 11 bgm cara merawatnya,diletak dimana yg baiknya..juga apa mamfaatnya ,..terima kasih

  40. ratno w said,

    Oktober 31, 2012 at 2:18 am

    sy py keris berbentuk pulpen, dibilahnya ada tulisan arabnya.tolong di beri pencerahan apa nama keris tsb n apa manfaatnya.trim

  41. syaifulloh said,

    November 9, 2012 at 4:30 pm

    assalamu alaikum ki. ohya saya punya pusaka notoprojo kaya keris tp gk gepeng sperti sedotan tp berbelok-belok berluk 5. kira berpamor apa ki. trm kasih ats jawabanya

    • Pandawa Lima said,

      November 20, 2012 at 5:22 am

      maaf mas kalau gak ada gambarnya saya tidak bisa menjawabnya,terima kasih.

  42. November 17, 2012 at 5:15 am

    mas pandawa ada pin bb atau email biar saya bisa kirim foto keris saya… terima kasih sebelumnya

  43. nn said,

    November 20, 2012 at 11:57 am

    asslam……….

    mau tanya …keris pak tani itu apa gunanya ya…
    mohon jawaban,nya
    sekian .matur nuwun.

    • Pandawa Lima said,

      Desember 10, 2012 at 6:54 am

      maaf massaya belum pernah tau yang namanya keris pak tani,terima kasih.

  44. Boonk Kaokao said,

    Desember 6, 2012 at 2:41 pm

    mas pandawa… saya mau tanya keris saya berbentuk naga tp ada bolong di ujungnya,saya tdk tau nama dan gununya?tp saya diberi mimpi nama pemiliknya kyai tenggulun,mohon jawaban dari mas pandawa

    • Pandawa Lima said,

      Desember 10, 2012 at 6:56 am

      maaf mas kalau gak ada gambarnya saya tidak bisa menjawabnya,karena keris naga jenisnya banyak sekali terima kasih.

  45. rio said,

    Desember 14, 2012 at 5:19 pm

    pak saya punya keris semar kecil bgt…
    cara perawatannya gmn y pak? mhon petunjuk

    • Pandawa Lima said,

      Maret 14, 2013 at 2:58 am

      tiap malam jumat legi diolesi minyak cendana / misik mas,trims.

  46. Terrell said,

    Desember 25, 2012 at 2:25 pm

    Very energetic article, I enjoyed that a lot. Will there be
    a part 2?

  47. Guz yadie said,

    Januari 24, 2013 at 12:25 pm

    Asalamualaikum,
    Gan Saya Penggemar Keris/Barang Kuno Karna Saya Pingin Lestarikan Budaya Tapi Saya Kurang Faham Mohon Petunjuknya,Saya Punya Keris Lurus Ada lubang Dtengah luk3 gag begitu Lebar,Keris Apa itu Namanya & Fungsinya Untuk Apa Ya trims

    • Pandawa Lima said,

      Maret 14, 2013 at 3:00 am

      maaf mas kalau gak liat gambarnya saya tidak bisa menjawabnya,trims.

  48. wayan karlina said,

    Maret 1, 2013 at 2:01 pm

    mas pandawa ayah saya punya cemeti kira-kira panjangnya 1 jengkal,warnanya kuning,ujung cambuknya melilit kebawah tangkainya. dan di pangkalnya terdapat 3 kepala patung dan di badannya ada 4 kepala patung,dan agak atas ada huruf jawa kuno,,apa fungsinya dan khodamnya,,trms sebelunya

    • Pandawa Lima said,

      Maret 14, 2013 at 3:01 am

      tolong di krim gambarnya agar saya bisa menjawabnya,trims.

    • Nengah Adnyana said,

      Maret 21, 2013 at 7:22 am

      saya juga punya bli wayan, peninggalan bapak… termasuk tongkat naga kuningan, mohon pencerahannya,

  49. zainal aan aditias said,

    Maret 13, 2013 at 2:38 pm

    maaf sbelum nya ,
    saya mempunya batu dan keris ,
    batu datang dengan sendirinya ttapi bnyak dari simbah maupun para normal yg bilang batu itu berisi 2 sosok suami iStri dan bagaimana merawat nya ?
    sedangkan keris ,
    saya di wariskan –
    konon kata almrhum kake saya keris itu berisi macan putih , bagai mana mengetahuinya agar saya tidak terbayang2 rasa takut untuk mengurus nya ?

    trimaksh

    • Pandawa Lima said,

      Maret 14, 2013 at 3:14 am

      kalau untuk perawatan batu cukup di beri minyak cendana / misik saja setiap satu bulan sekali / kalau pas ada waktu longgar saja juga gak pa2,kalau untuk perawatan kerisnya hampir sama dengan perawatan batu ajinya cuma saudara jangan terlalu tersugesti dengan bentuk khodamnya seperti yang diceritakan oleh almarhum mas zainal agar tidak timbul rasa takut di dalam hati mas zainal,biasanya kalau memang sudah jodoh nanti mas zainal akan dapat petunjuk sendiri,mungkin itu jawaban yang bisa saya berikan,maaf sebelumnya jika ada jawaban yang tidak cocok di hati masa zainal,terima kasih.

  50. Nengah Adnyana said,

    Maret 21, 2013 at 7:17 am

    saya punya keris ada semar, panjangnya kira2 10 cm bahan kuning, warangkanya tertulis hurup jawa, kalau dibaca kira kira berbunyi “PUSAKA DATA”,,, mohon pencerahannya Pandawa

    • Pandawa Lima said,

      Maret 30, 2013 at 3:12 am

      @nengahadnyana:maaf kalau tidak ada gambanrnya saya tidak bisa menjawab,trims.

      • Nengah Adnyana said,

        April 2, 2013 at 4:46 am

        bagaimana cara mengirim gambar?

      • Pandawa Lima said,

        April 9, 2013 at 4:13 am

        kirim ke email: wpranata2@yahoo.com terima kasih.

  51. camondan said,

    Maret 22, 2013 at 4:20 pm

    mas pandawa saya mau tanya, keris dapur nogo manten itu filosofinya apa ya ? terus tuahnya untuk apa ya ? matur nuwun

    • Pandawa Lima said,

      Maret 30, 2013 at 3:24 am

      @camondan:keris nogo manten mempunyai ciri gambar 2 naga yang saling melilit tp menghadapnya saling berlawanan,itu menggambarkan tentang kerukunan,naga mempunyai sifat penjaga/melindungi yang selalu siap menghadang siapa saja yang mengganggu dirinya/tuannya,jadi tuah dari keris dapur nogo manten ( doa/sugesti dari sang empu) itu adalah untuk menjaga keutuhan rumah tangga agar selalu rukun tanpa ada pertengkaran dan menjaga keutuhan rumah tangga dari gangguan pihak luar.

      • Kamil said,

        November 16, 2013 at 1:26 pm

        As. Wr. Wb.
        Mas Pandawa saya mau nayak, saya punya keris semar yang luk 5, yang saya tanyakan keris itu khasat apa ? trims

  52. ryyan said,

    Maret 25, 2013 at 1:47 pm

    mas saya punya keris tp saya penengn tw apa kh ada khodam nya apa gak bisa bantu sy gak?

  53. H. R. M. Udhie said,

    April 1, 2013 at 6:07 am

    Saya punya keris Naga dibagian telinga kiri kanan ada berlian hijau, dan di lidah ada batu kecil warna merah. Bentuk keris sangat ramping. Itu namanya keris apa ya pak. Kalo bisa saya kirim gambarnya ke mana pak Pandawa lima. Terima kasih

  54. Udhi said,

    April 1, 2013 at 6:14 am

    Punya keris naga apa jenisnya ya pak. Mau kirim email ke bapak minta emailnya pak. Makasih pak

  55. gus muhammad hazim said,

    Mei 16, 2013 at 6:24 am

    mas brow,,, ini saya punya buntek/mustika penyu,,,,, klebihan nya banyak,,, mau di maharkan,,,,,

  56. Enda said,

    Juni 16, 2013 at 12:04 pm

    Artikel yang bagus, menarik, sangat bermaanfaat & menambah pengatahuan.!

  57. Agustus 3, 2013 at 8:53 pm

    saya punya keris kecil ber luk 5, terbuat dari kuningan.. saya dapatkan keris itu dari hantu wanita..
    tapi saya tidak tau kegunaanya.. bagaimana cara mengetahuinya ya?

  58. Susanto said,

    Agustus 14, 2013 at 2:09 am

    Mas pendawa, sy pny umyang jimbe, minyak apa yg paling cocok untk membangkitkan khodam pusaka tersebut

  59. ett dwi santoso said,

    Agustus 30, 2013 at 1:40 am

    maaf sbelumnya. kalau saya boleh tau. saya pernah bermimpi mendapatkan batu berbentuk ppih dgn warna putih bening dan didalamnya ada gambar wayang dengan semar disebelah kanan dan petruk di sebelah kiri saling berhadapan dan anehnya gambar wayang di dalam batu itu bergerak. yang mau saya tanyakan apakah nama batu tersebut. dan adakah kaitannya dengan perjalanan hidup saya. mhn dibalas. tanks

  60. muhamad arif said,

    September 12, 2013 at 6:14 pm

    pak saya punya semar kuncung tp saya belum tau cara merawatnya,,,
    bisa minta bantuannya pak,,trima kasih…

  61. nur hidayat said,

    Oktober 6, 2013 at 8:09 pm

    pak sy pnya tombak omyang luk 5 cuma gak tau cara makainya mohon infonya

  62. suardana said,

    Oktober 7, 2013 at 3:00 am

    salam kenal saya wayan.., saya dititipka kiris yang ad timbulan di dalam keris berbentuk arjuna dan seorang dewi d bawahnya kedua sisi sama, panjang keris 9 cm, saya mau bertanya apa nama dan maanfaat keris itu,, sehari setelah saya menerima keris itu saya bermimpi berlari jauh dan sangat cepat… dan saya di kejar oleh seorang wanita cantik,, mhon masukannya trims.

  63. lepoy said,

    Oktober 8, 2013 at 3:21 pm

    sya pya keris sktr 10cm’an, kyak 2naga tp beda, kepala di bwah hdap knan kiri, n ekor’e d ujung lurus. . .
    kyak kuningan tp byak poleng item’e. .
    tajem lg,. .
    nmanya ap y. ?
    soalnya anak sya ska mainin, pdahl bru 1,5thn. . .

  64. Riko said,

    November 9, 2013 at 4:38 pm

    Saya punya golok berkepala wayang arjuna berwarna kuning keemasan bertulisan arab gundul apa nama pusaka trsbt dan ada khodamx tidak

  65. Rama said,

    Desember 12, 2013 at 6:05 pm

    permisi pak,saya mw tanya..
    saya diwariskan keris oleh ayah teman saya 3 keris,yang satu bentuknya lurus,yang satu sudah ada sarungnya, dan yang satu belum ada rumahnya. sempat saya tanyakan kenapa om memberikan saya keris ini ?? kenapa g anak om aja ?? lalu ayah teman saya bilang “jika keris ini dalam waktu 1 minggu hilang maka keris ini pasti kembali kesini, trus jika dalam waktu 1 minggu masih ada ditanganmu, berarti memang ini sudah jodohmu.” waktu itu saya masih kelas 1 SMA kira” tahun 2007
    dan sampe sekarang keris ini pun masih ada disaya,
    saya nggak pernah diberitahu apapun tentang nama dan kasiat keris tersebut. tapi pernah suatu malam di mimpi saya, dan itu saya masih ingat betul, saya pernah bermimpi di datangi oleh sesosok naga besar, sesosok orang besar hitam, dan seorang kyai. kyai tersbut berkata begini “cukup kamu dengan sholat,cukup kamu dengan wirit, dan cukup kamu membaca al-quran, kami…”
    saya sudah lupa apa pernyataan terakhirnya..
    apa yang harus saya lakukan pak ???
    sholat saya saja masih jarang ???
    selama ini memang g pernah terjadi hal” yang aneh..
    bukannya saya takut dengan hal yang begituan,tapi saya memang sama sekali tidak paham tentang keris.
    di tunggu sarannya pak.
    terima kasih

    • Pandawa Lima said,

      Desember 16, 2013 at 6:42 am

      tolong dikirim fotonya mas lewat email, terima kasih.

    • Pandawa Lima said,

      Januari 24, 2014 at 4:18 am

      maaf baru balas ya,maklum jarang OL..
      bisa jadi sosok seorang kyai yang ada dalam mimpi mas itu termasuk salah satu khodam penunggu pusaka yang mas bawa,kalau membaca dari cerita mas itu khodamnya dari jenis jin muslim yang menyarankan untuk berbuat baik,tp ingat sebaik2nya khodam pusaka dia tetaplah bangsa jin,dan kita tidak boleh meminta pertolongan kepada bangsa jin,hanya kepada ALLAH S.W.T kita memohon pertolongan,jadi intinya kita harus menundukkan jin penunggu pusaka tersebut jgn sampai kita yang tunduk kepada khodam pusaka tersebut.
      saran saya :
      1. rawatlah pusaka itu dengan baik,dirawat dengan baik bukan karena ada khodam penunggunya tp karena kita menghormati sang empu yg membuat pusaka tersebut,karena dulunya waktu sang empu membuat pusaka tersebut dia melakukan tirakat yang sangat berat yang bertujuan agar doanya kepada TUHAN dikabulkan.Rawatlah pusaka itu dengan baik juga dikarenakan itu merupakan barang warisan,dan kita menghargai orang yang memberi warisan kepada mas.
      2. Berusahalah untuk sholat lima waktu.
      3. perbanyaklah berbuat kebaikan.
      4. perbanyaklah puasa sunnah.
      Jika semuanya dilakukan Insya ALLAH kekuatan doa dari sang empu yang membuat pusaka tersebut secara tidak langsung akan menyatu dengan kita.

  66. Desember 26, 2013 at 6:52 pm

    Salam gan..
    Saya mau tanya,, saya pnya keris luk 9,, diatas pegangannya ada kaya semacam runcing mirip cucuk burung dan ditengahnya ada lubangnya.. Saya ingin tanya kira2 nama kerisnya apa.. Kalau masalah foto menyusul gan.. Makasih infonya..

    • Pandawa Lima said,

      Februari 7, 2014 at 8:37 am

      tolong diemailkan fotonya ya mas,tris.

  67. dhede paiker said,

    Desember 27, 2013 at 5:47 am

    mas saya punya pusaka berupa pedang,,berkepala wayang,ujungnya sepesti tombak,,apa nama dari pusaka it mas dan apa aksiat nya,

  68. EMPU FUAD HASIM said,

    Januari 19, 2014 at 4:31 am

    ass.tanya kalau sengkelat dibuat orang biasa atau anak kecil bisa gak.masalahe anakku minta keris sengkelat tangguh mojopahit.karena dialah anakku satu2nya.jawabanya lewat no.085736560217.mhn segera dibalas lewat no hp diatas,NUWUN..

    • Pandawa Lima said,

      Januari 24, 2014 at 4:32 am

      anak kecilnya umur brp ya pak? itu tergantung dari kekuatan batin anak tersebut pak,tidak semua anak kecil kuat mempunyai pusaka apalagi pusaka yang ber-tangguh tua,sedangkan semua pusaka kyai sengkelat itu bersifat panas ( asalkan asli pusaka bukan yang aspal ya pak),panas disini maksudnya bukan berarti jahat tp khodam penunggu pusaka kyai sengkelat itu sifatnya keras,brangasan,tidak mengenal takut seperti khodam pusaka dari jenis naga dan singo barong,jika pemilik pusaka tidak dapat mengendalikan/menundukan sifat panas yg ada dalam pusaka tersebut ditakutkan dia akan terbawa oleh sifat panas pusaka tersebut,dia akan menjadi orang yg mudah pemarah dan brangasan.

  69. ainur said,

    Januari 19, 2014 at 9:54 am

    pak saya punya keris semar kuncung yg kecil saya ingin tau isi/khodam keris lewat mimpi bagaimana caranya tolong penjelasannya.terima kasih.olh ainur

  70. rifqi said,

    Januari 23, 2014 at 12:34 am

    assalamu’alaikum wr wb
    salam hormat pak,pak saya punya keris semar kuncung seukuran korek api,apakah keris tsb ada mantra pengaktifnya jika ada,tolong kasih tahu mantranya pak.
    suwun

  71. suwarso said,

    Januari 25, 2014 at 3:32 pm

    assalamualaikum….Kang…sy baru dpt kiriman sebilah keris kecil berbetuk ular cobra bahan sepertinya kuningan…sy gk tau apa nama dan kasiatnya…cuma yg kirim bilang itu barang tarikan…mohon penjelasan…termakasih wassalam.

    • Pandawa Lima said,

      Februari 7, 2014 at 8:39 am

      tolong dikrim fotonya lewat email ya mas,trims.

  72. holes said,

    Februari 2, 2014 at 11:41 am

    Pandawa saya penggen nanya saya punykk keris tpi bentukknya bukan seperti keris dan kecil warna kuning dan dtutupnya ada tulisan arab sampai gagangnya tpi dtelah dibbuka dalamnya berbentuk keris saya nemu [d̲̅i̲̅] daerah. Surabaya dijalanan keris apaa ituu yaa

    • Pandawa Lima said,

      Februari 7, 2014 at 8:40 am

      tolong dikrim fotonya lewat email ya mas,trims.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: