AEROBATIK SUKHOI SAAT HUT TNI AU

Aerobatik Sukhoi Saat HUT TNI AU

Jakarta – Satu unit pesawat jet tempur Sukhoi TNI Angkatan Udara (AU) akan melakukan terbang solo aerobatik pada peringatan HUT ke-63 TNI AU pada 15 April 2009.

“Karena pada hari jadi TNI AU pada 9 April bertepatan dengan Pemilu Legislatif, maka diundur pada 15 April dan pada saat peringatan kita akan tampilkan solo aerobatik Sukhoi yang baru,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama FH Bambang Soelistyo kepada ANTARA di Jakarta, Senin.

Dijelaskannya, pada peringatan HUT ke-63 TNI AU akan dihadirkan dua dari tiga pesawat jet tempur Sukhoi baru yang tiba pada akhir 2008 dan awal 2009.

Satu unit akan melakukan solo aerobatik dan satu unit akan berada di “static line” sebagai bagian dari “static show”. “Keduanya akan diterbangkan langsung dari Makassar, sehari sebelum peringatan dilaksanakan,” tutur Bambang.

Pada akhir 2008 dan awal 2009, TNI AU mendapat tiga unit Sukhoi SU-30MK2, melengkapi empat Sukhoi SU-27SK dan SU-30MK yang telah dimiliki sebelumnya pada 2003.

Pada pertengahan 2009 hingga 2010, TNI AU akan mendapat tiga Sukhoi SU-27SKM, sehingga secara keseluruhan TNI AU memiliki sepuluh unit pesawat jet tempur yang terkenal pula dengan sebutan Flanker.

Sukhoi merupakan jet tempurt Rusia yang terkenal dengan manuver patukan kobra yang hingga kini belum tertandingi pesawat tempur Barat.

Pada HUT ke-59 TNI AU tahun 2005 empat Sukhoi sebelumnya juga pernah menampilkan berbagai atraksi aerobatik.(Sumber:ANTARA)

sukhoi su-30

sukhoi su-30

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: