GUBERNUR AAL : MENJADI PERWIRA TNI AL TIDAK BAYAR SEPESERPUN

Siapa yang bilang untuk menjadi seorang perwira TNI AL harus mengeluarkan uang yang banyak? Itu semua tidak benar, dan untuk menjadi seorang perwira TNI AL tidak perlu mengeluarkan biaya, mulai dari pendaftaran, seleksi, pengumuman, dan masuk pendidikan sampai dilantik menjadi perwira tidak dipungut biaya sepeserpun. “Kita tidak pernah membeda-bedakan itu anaknya siapa, asalnya dari mana, anak pejabat atau bukan, kaya atau tidak, tapi yang pasti kalau memang memenuhi syarat pasti dinyatakan lulus,” ujar Gubernur AAL Laksda TNI Moch. Jurianto, S.E.

Orang nomor satu di AAL ini menepis dan menjawab isu yang beredar dimasyarakat, dan pertanyaan yang ada di internet bahwa untuk menjadi perwira TNI AL harus punya koneksi, kenalan, menyiapkan uang yang banyak untuk lulus. Itu semua tidak benar, dan itu hanya ulah oknum yang tidak bertanggung jawab, dan kalau ada yang berbuat seperti itu, segera laporkan langsung ke kantor TNI AL yang terdekat. TNI AL mencari calon perwira yang benar-benar berbobot, dan itu bisa didapatkan kalau rekrutmen awal punya komitmen yang baik dan seleksi yang ketat tanpa ada lagi itu anaknya siapa, dari mana, dan lain sebagainya, tambah pati dengan dua bintang di pundak

TARUNA AKMIL

TARUNA AKMIL

Sekarang ini TNI AL sedang membuka pendaftaran calon kadet AAL untuk dididik menjadi perwira TNI AL. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 23 Maret hingga 24 April 2009. Bagi yang berminat bisa mendaptar di Markas Komando Pangkalan UtamaTNI AL yang tersebar di seluruh Indonesia yaitu di Lantamal I Belawan, Lantamal II Padang, Lantamal IV Tanjung Pinang, Lantamal V Surabaya, Lantamal VI Makassar, Lantamal VII Kupang, Lant VIII Manado, Lant IX Ambon, dan Lant X Jayapura. Lapetal Jakarta dan Malang, Lanal Cirebon, Lanal Yogya, Lanal Semarang dan SMA TN (Taruna Nusantara) Magelang.

Persyaratan umum bagi calon kadet, yaitu warga negara Indonesia, beriman dan bertagwa kepada Tuhan YME, setia kepada Pancasila dan UUD 1945, disamping itu, harus memiliki badan sehat jasmani dan rohani, berkelakuan baik dan tidak kehilangan hak menjadi prajurit TNI/TNI AL. Harus ada persetujuan orang tua/wali bagi yang belum berusia 21 thn, ada persetujuan dari kepala instansi pemerintah /swasta bagi yang sudah memiliki pekerjaan tetap, dan pendaftar telah bertempat tinggal sekurang-kurangnya satu tahun pada saat mendaftar.

Persyaratan lain yang harus dipenuhi yaitu serendah-rendahnya berijazah/lulus SMA/MAN jurusan IPA dengan rata-rata nilai UAN tidak kurang dari 6.50 atau siswa kelas III dengan nilai raport semester 4 rata-rata 7,00 dan menyerahkan surat keterangan dari sekolah bahwa siswa yang bersangkutan terdaftar sebagai peserta ujian Akhir Tahun 2009. Usia minimum 18 thn dan maksimun 22 thn terhitung dari pembukaan Pendidikan Dasar Keprajuritan (Diksarjurit) tanggal 3 Agustus 2009. Tinggi badan minimum 164 cm dengan berat badan seimbang, tidak bertato/bekas tato, tidak ada tindik/bekas tindik pada telinga dan atau anggota badan lainnya. Untuk mendapatkan keterangan yang lebih lengkap dan jelas, para calon kadet bisa datang langsung ke tempat-tempat pendaftaran yang telah ditentukan.

Materi tes seleksi meliputi pemeriksaan/pengujian dan pemilihan yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi : administrasi, kesehatan, jasmaniah, wawancara, psikologi, dan pantukhir. (Bagpen AAL)

2 Komentar

  1. syarifudddin said,

    November 27, 2010 pada 12:38 pm

    untuk tahun 2010,.,. kapan pendaftaran untuk perwira???

  2. syarifudddin said,

    November 27, 2010 pada 12:45 pm

    untuk tahun 2011 … kapan pendaftaran untuk perwira,.,.,?????????


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: