KERJA SAMA TNI-KPU DALAM DISTRIBUSI LOGISTIK PEMILU.

TNI siap membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) demi kelancaran distribusi logistik Pemilu Legislatif (Pileg) 2009. Distribusi logistik ini diutamakan untuk daerah-daerah yang tidak terjangkau oleh alat transportasi umum. Komitmen itu tertuang dalam nota kesepahaman tentang pendistribusian logistik Pemilu 2009 yang ditandatangani Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary dan Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso di kantor KPU jalan Imam Bonjol Jakarta, Senin (23/3).
“Keterlibatan TNI dalam distribusi logistik dan pengamanan pemilu sudah menjadi tugas integral TNI,” kata Djoko Santoso saat penandatangan MoU KPU-TNI di Jakarta, kemarin.
Djoko mengatakan pihaknya akan menjamin logistik pemilu untuk daerah-daerah terpencil dan perbatasan yang tidak terjangkau angkutan umum sampai tepat waktu.
“Partisipasi TNI dalam membantu KPU adalah bagian tugas perbantuan TNI dalam mengamankan dan mensukseskan pemilu dalam rangka menjamin kesinambungan proses demokrasi dan pembangunan nasional,” kata Djoko.
Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary mengatakan saat ini ada enam kabupaten di Provinsi Papua Barat yang membutuhkan bantuan TNI dalam distribusi logistik pileg. Keenam kabupaten itu masing-masing Kabupaten Sorong Selatan, Manokwari, Raja Ampat, Teluk Wondama, Fak Fak, dan Kabupaten Teluk Bintuni. Keseluruhan titik tujuan untuk distribusi logistik di keenam kabupaten tersebut melingkupi 44 distrik dan 291 Tempat Pemungutan Suara (TPS).
“KPU memerlukan bantuan dalam pendistribusian logistik terutama di enam kabupaten di Papua Barat,” kata Hafiz.
Dia mengatakan pihaknya sudah menyampaikan jadwal pengiriman logistik ke pihak TNI. TNI menerima dan menyesuaikan tahapan, program, dan jadwal pengiriman logistik dari KPU paling lambat 14 hari sebelum barang-barang logistik pemilu diberangkatkan dari KPU Kabupaten/Kota ke Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Melalui MoU yang telah ditandatangani bersama TNI diharapkan semua logistik pemilu bisa sampai tepat waktu tanpa mengalami hambatan yang berarti. (oleh: Arjuna Al Ichsan) (Sumber:Jurnas).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: