Ekonomi Hari Ini

Duit..duit..

Duit..duit..

Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Selasa (24/3) pagi naik tajam melewati angka Rp11.500 per dolar, karena sentimen positif pasar terhadap mata uang Indonesia semakin besar.

Sentimen positif itu berasal dari perjanjian kerjasama antara Bank Indonesia dan Bank Sentral China yang telah menandatangani perjanjian Bilateral Currency Swap Arrangement (BCSA), kata Direktur Utama PT Financorpindo Nusa, Edwin Sinaga di Jakarta, Selasa (24/3).

Nilai tukar rupiah terhadap dolar naik menjadi Rp11.370/11.380 per dolar dibanding penutupan hari sebelumnya Rp11.550/11.560 per dolar AS. Ia mengatakan, perjanjian BCSA antara ke dua bank sentral tersebut senilai Rp175 triliun atau setara 100 miliar Renmimbi China memberikan
kontribusi positif untuk peningkatan perdagangan investasi langsung antar kedua negara.

Selain itu juga memberikan kontribusi positif untuk peningkatan perdagangan dan investasi langsung antar kedua negara, membantu penyediaan likuiditas jangka pendek bagi stabilitasi pasar keuangan serta membantu Indonesia dalam mengatasi keketatan likuiditas internasional, katanya.

Menurut Edwin, rupiah juga masih mendapat sentimen positif dari pasokan dolar ke pasar AS, setelah pemerintah AS menerbitkan obligasi. Karena itu kemungkinan besar rupiah akan bisa mencapai angka Rp11.000 per dolar, ujarnya.

Namun untuk bisa mencapai angka Rp10.000 per dolar agak berat mungkin bisa saja ke arah sana dengan waktu yang cukup lama sampai akhir tahun ini.

Pasar uang sepanjang pekan ini didominasi aksi positif terhadap rupiah, sehingga peluang rupiah untuk terus menguat masih cukup besar. “Kami memperkirakan rupiah pada sore nanti masih akan bergerak naik hingga mendekati angka Rp11.000 per dolar,” ucapnya. (Sumber:Media Indonesia)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: