Telur Burung Gajah Dilelang dengan Harga Dasar Rp 86,3 Juta

telur raksasa

telur raksasa

Binatang terbesar adalah gajah. Telur terbesar adalah telur gajah… eh telur burung gajah. Telur unggas setinggi tiga meter dan seberat empat kuintal dari Madagaskar itu sangat besar. Panjangnya sampai 34 cm dan kelilingnya satu meter.

Telur burung yang setara 160 telur ayam tersebut bakal dilelang di The Chelsea Antiques Fair di London, Rabu mendatang. Menurut AFP, harga dasarnya dipatok GBP 5.000 atau sekitar Rp 86,3 juta. Jangan berharap telur itu bisa ditetaskan atau direbus. Sebab, telur itu sudah membatu.

Burung gajah memang sudah punah. Kepunahan tersebut belum lama, yakni pada pertengahan abad ke-17. Menurut wikipedia, gubernur jenderal penjajah Prancis, Etienne de Flacourt, yang memerintah Madagaskar pada 1648 mencatat kesaksiannya melihat burung gajah tersebut.

Setelah itu, burung tersebut tak ditemukan lagi. Itulah akhir sedih dari eksistensi dua juta tahun burung gajah di pulau sebelah timur Afrika tersebut. Burung itu punah karena kehadiran manusia.

Dari segi fisik, burung tersebut memang berpenampilan gagah. Namun, burung itu tak bisa terbang; jenis pelari (ratite) seperti burung unta. Menurut situs Bone Clones, lari pun dia tak bisa cepat karena kakinya besar tapi tidak panjang.

Burung gajah hanya bisa membela diri dengan mengandalkan tubuhnya yang besar serta paruhnya yang lancip. Tapi, itu semua jelas tak sebanding dengan senjata spesies manusia.

Kini, peninggalan burung gajah, selain tulang belulang, adalah telurnya yang tak ada tandingannya. Tentu bisa dibayangkan alangkah susah payah burung gajah mengeluarkan telur sebesar balon ulang tahun itu. Bila masih ada sekarang, seiring dengan meningkatnya gerakan hak-hak binatang, boleh jadi saat akan bertelur, dia diperjuangkan untuk dibantu operasi caesar. (sumber:jawa pos)

4 Komentar

  1. kurnianza said,

    Maret 26, 2009 pada 4:28 am

    telirnya warnanya apa mas ? kok sampai semahal itu…………………………………………….kunjungi juga websiteku..

    • darupurwita1bdr said,

      Maret 26, 2009 pada 6:50 am

      trims atas commentnya,bukan warnanya yg membuat mahal,tapi itu termasuk fosil hewan purba.

  2. alvin said,

    Maret 26, 2009 pada 6:00 am

    waw gede bget, coba bisa di goreng pasti bisa bikin martabak telor 80 dus…hehe,..
    waah sayang sekali yah hewannya sdah punah, coba msih ada kan bisa jdi koleksi margasatwa yg paling unik/burung yg paling besar drpda burung2 lainnya, sgt disayangkan krna ulah mnusia yg tdak brtggung jawab mnyebabkan punahnya hewan yg mnjadi ciri khas dri negara madagascar trsbut…….manusia memank tdak ada puasnya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: