Samarkan Kulit Gelap dengan Black Borneo Massag

TIDAK selamanya sinar matahari baik bagi tubuh. Jika terlalu sering terpapar sinar matahari, masalah bisa muncul. Salah satunya adalah hiperpigmentasi. Warna kulit bisa menjadi lebih gelap. Ada banyak cara untuk mengatsi masalah itu. Salah satu cara yang bisa dicoba adalah black borneo massage.

Hiperpigmentasi adalah kelainan atau perubahan warna kulit karena meningkatnya jumlah melanin. Melanin adalah butir-butir pigmen yang menentukan warna kulit (putih, cokelat atau hitam) dan melindunginya dari sinar ultraviolet. Kelainan itu ditandai dengan warna kulit yang lebih cokelat atau hitam (kulit belang), terutama pada kulit yang sering terpapar sinar matahari.

Kulit menjadi lebih gelap, hitam atau cokelat, tidak hanya disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan, tetapi juga oleh beberapa penyebab lain, seperti pemakaian obat hormonal (kontrasepsi), kosmetik, kelainan genetik, gangguan metabolik, gangguan nutrisi (defisiensi vitamin B12), infeksi, alergi obat, dan stres. Masalah hiperpigmentasi ini dapat diatasi. Ada beberapa cara alternatif yang bisa dicoba.

Selain pijat relaksasi, ada pula mandi lulur, yakni paket black borneo massage, yang bermanfaat mengangkat sel kulit mati. Bahan-bahannya adalah ketan beras hitam, temu giring, kayu manis dan berbagai macam rempah. Black Borneo massage ini juga dapat menghaluskan dan melicinkan kulit, serta menyamarkan warna kulit yang belang.

Massage yang berasal dari Bali ini, pada awalnya, dimaksudkan untuk orang asing atau bule yang senang berjemur. Tapi lama-kelamaan, teknik ini dilirik juga oleh banyak orang lokal. “Kita menggunakan beberapa campuran seperti ditambahkan madu, air mawar atau black lotion yang diberi sedikit air sebelum melumurkannya ke badan klien. Sebelum digosokkan di badan, lulur jenis ini didiamkan kira-kira 3-5 menit,” jelas Yuli Indrawati, Manager Daoen Spa yang terletak di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, ini.

Tahap dan Manfaat

Tahap pertama dari seluruh rangkaian treatment ini adalah mengenakan kemben khusus dari spa. Di sini pasien diminta menanggalkan bajunya dan mengenakan kemben khusus yang sudah disiapkan. Kemudian, badan ditutupi handuk dan diolesi dengan black borneo. Massage yang memakan waktu 1 jam ini dimulai dengan mengoleskan aromatherapy massage oil ke tubuh. Selanjutnya adalah lulur black borneo dioleskan di betis, punggung, dan tangan selama 40 menit.

Tahap berikutnya adalah tubuh direndam dalam rempah-rempah yang berasal dari akar wangi, kayu manis, cengkeh dan rempah lainnya selama 15 menit untuk mengurangi kelenjar keringat. “Klien berendam dengan rempah agar kelenjar keringat yang berlebihan bisa berkurang dan tubuh akan menjadi lebih wangi,” jelas Indri. Dengan demikian, treatment ini tak hanya menyamarkan warna kulit yang belang, tetapi juga mengurangi bau badan dan merelakskan atau menyegarkan badan.

Perawatan ini tidak mempunyai efek samping. “Kecuali klien yang memiliki kulit yang sangat sensitif akan merasa gatal apabila tidak cocok dengan bahan-bahan yang digunakan,” tambah Yuli Indrawati. Pasien, yang sudah berumur 17 tahun ke atas, disarankan untuk mengikuti treatment ini dua minggu sekali dalam sebulan.

(sumber:okezone.com)

 

1 Komentar

  1. April 28, 2009 pada 9:18 am

    pingin punya kulit putih? pakailah cat tembok yang dapat dibeli di toko besi terdekat.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: