Teknik Sulam Alis dapat Memperindah Alis

alis

PEREMPUAN yang senang berdandan pasti tahu bahwa hal yang paling penting dalam ber-make up adalah membuat alis. Ada banyak cara yang dilakukan untuk mempercantik alis. Salah satunya adalah teknik sulam alis. Seperti apa tekniknya?

Jika dilihat sepintas, urusan merias dan membentuk alis memang terlihat sepele. Namun perempuan tahu betapa sulitnya mengatur alis agar tetap rapi dan terbentuk sempurna. Goresan pensil alis yang terlalu tebal, atau salah mencabut alis, justru dapat mengundang bencana. Bentuk alis yang tidak simetris menjadi masalah tersendiri.

Tato Alis

Pada era 90-an, ada tren mentato alis. Dengan tato, perempuan berharap agar proses merias diri dapat menjadi lebih sering membubuhkan pensil alis bila kosmetik mulai luntur. Dan pada era itu tato alis memang menjadi solusi sempurna. Sayangnya, hasil tato alis terlihat tidak alami. Bahkan jika tato alis dikerjakan oleh orang yang kurang ahli, tato alis berisiko membuat wajah terlihat lebih tua.

Menurut Shirley, pemilik Shirley Beauty, bentuk tato alis terlihat kaku dan tidak alami. “Kalau tato alis, bentuknya sangat kaku. Dan warnanya pun terlihat tidak alami,” katanya. Selain itu, tato alis juga dapat menimbulkan alergi akibat zat warna yang digunakan. Karena itulah banyak perempuan yang mulai beralih ke teknik sulam alis.

Prinsip sulam alis terbilang cukup sederhana dan berfungsi layaknya hair extension yang mampu menggantikan alis-alis rambut. Menyisipkannya di tengah-tengah rambut alis asli dan membuatnya terlihat lebih tebal sekaligus alami.

Ada satu teknik dipilih yaitu kreatif tiga dimensi. Teknik ini sama seperti sulam alis yang telah muncul terlebih dahulu. Hanya saja, teknik ini membuat alis yang terbentuk terlihat sangat alami seperti bulu-bulu alis. Bentuk alis mata lebih berdimensi, tebal dan tipisnya mendekati alis aslinya. Teknik ini juga memberikan lengkung alis mata yang ideal dan bisa bertahan hingga 2 tahun. Padahal proses pengerjaannya hanya waktu 45 menit sampai 1 jam.

Alat yang digunakan untuk teknik sulam alis ini pun sangat sederhana dan jauh dari kesan menyeramkan. “Alatnya hanya sebesar pena, dilengkapi dengan motor penggerak atau dinamo di dalamnya. Jarum yang digunakan juga sangat tipis,” terang Shirley.

Sulam Alis

Sulam alis banyak diminati oleh perempuan yang kurang bisa menangani alisnya. “Mereka ingin bentuk alis yang rapi tanpa harus repot mencabuti atau membentuknya setiap hari. Dengan sulam alis, alis jadi lebih praktis, hanya tinggal diberi sapuan akhir dengan pensil alis saja. Itu pun tipis saja,” sambung Shirley.

Teknik sulam alis menggunakan alat khusus (embriodery machine) yang menghasilkan garis salur-salur di bagian epidermis atau kulit bagian luar. Alat ini memiliki pensil unik yang bisa bergerak dengan kecepatan tinggi untuk menggambar alis sesuai dengan yang diinginkan. Pada ujung alat tersebut telah dioleskan tinta khusus yang terbuat dari bahan-bahan alami dan berfungsi sebagai pewarna. Tinta ini juga dapat disesuaikan dengan warna alis yang asli. Dan inilah yang membuat sulam alis terlihat lebih alami dan lebih populer dibandingkan tato alis.

Akan tetapi, lanjut Shirley, tidak setiap wajah bisa diberi bentuk alis yang sama. Karena karakter dan bentuk wajah orang berbeda-beda, orang harus lebih saksama mengenali karakter wajah ketika menyulam alis. Contohnya, untuk perempuan yang berwajah bulat, alisnya tidak boleh terlalu naik atai terlalu melengkung bagai busur anak panah. Bentuk itu akan membuat wajah terlihat lebih lonjong dan menimbulkan efek lebih ramping secara keseluruhan.

Sebaliknya, pemilik rahang tegas justru harus memiliki alis yang melengkung manis guna memperlembut ketajaman rahangnya. Sementara yang wajahnya berbentuk hati, lengkung alis yang cukup tajam di bagian tepi justru dapat memberikan angle yang menarik. Bentuk itu akan membuat wajah terlihat lebih lonjong, yang pada giirannya menimbulkan efek lebih ramping secara keseluruhan.

Di samping itu, Shirley memberikan teknik sulam eyeliner adalah teknik untuk memperkuat garis mata yaitu dengan membuat garis tipis di tempat tumbuhnya bulu mata. Warna sulam eyeliner yang bisa dipilih adalah hitam dan cokelat tua. Dengan sulam eyeliner, warna dijamin tidak berubah menjadi biru dan tidak melebar seperti jika dengan tato.

(sumber:okezone.com)

 

7 Komentar

  1. April 28, 2009 pada 5:10 am

    Assalamu ‘alaikum mas, demi menjalin silaturahmi sesama Blogger marilah kita saling bertukar link, gimana mas?? Salam kenal yah dari Dedhy Kasamuddin😀

  2. April 28, 2009 pada 9:15 am

    bahaya gak tuh?

  3. hmcahyo said,

    April 28, 2009 pada 12:34 pm

    mampir aja

  4. Cristhine said,

    Juli 1, 2009 pada 3:25 am

    halo, salam kenal ya…
    mau tau dong kisaran harganya dan tempat yang anda rekomendasikan.
    trims,

  5. Shirley.beauty said,

    November 11, 2009 pada 5:49 am

    Sulam alis Rp. 1.500.000,- sulam eyeliner atas bawah Rp. 1.400.000,- dan sulam bibir Rp. 2.000.000,-
    kami mempunyai teknik dan warna baru.
    Silahkan ibu hubungi kami di ( 021 ) 4586 4302 / 0818 929592
    Kami tunggu kehadiran ibu..
    terima kasih

  6. Sally Sally said,

    Maret 15, 2013 pada 2:08 pm

    hi,salam kenal,kalau boleh tau lokasinya dimana ,,,,apa ada di kalimatan timur,thanks

    • Pandawa Lima said,

      Maret 30, 2013 pada 3:10 am

      posisi di jawa mas.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: