MADU

honey300w

MADU adalah produk alami yang sudah terkenal sejak dahulu. Madu dipercaya banyak manfaatnya untuk manusia. Tak heran banyak produk makanan dan minuman yang menggunakan madu sebagai bahan campurannya.
Sayangnya, madu yang banyak beredar di pasaran saat ini bukan madu alami. Penambahan campuran bahan lain ke dalam madu otomatis mengurangi khasiat madu. Biasanya, madu ini lebih murah dibandingkan madu yang asli. Harganya di pasaran dijual mulai dari Rp10.000 per botol.

Sementara satu botol madu asli dihargai mulai dari Rp30.000 per botol. Pasalnya, untuk mendapatkan satu botol madu asli, peternak lebah membutuhkan waktu minimal 3,5 bulan. Apalagi, madu yang dihasilkan dalam setiap sarang lebah tidak dapat dipastikan jumlahnya.

Paling satu sisir sarang lebah dapat satu botol. Jumlahnya nggak pasti, tergantung bunga pohonnya bagus atau tidak, kata peternak lebah Bima dan Widi yang membuka stand di Pameran Flora dan Fauna di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat; beberapa waktu lalu.

Bersama delapan rekannya, Bima menggantungkan hidupnya dengan berjualan madu hasil peternakan sendiri. Usaha keluarga yang dirintisnya tujuh tahun lalu itu berkembang cukup pesat karena madu yang dipasarkannya adalah madu murni yang banyak dicari konsumen.

Madu murni adalah nektar bunga yang dikumpulkan lebah. Madu adalah sumber karbohidrat utama bagi koloni lebah. Madu murni mengandung sukrosa, fluktosa, glukosa asam amino, vitamin B1, B2, B6, mineral S, N, K, C, Mn, P, Fe, antibiotik, enzim diastase, lipase, dan lain-lain.

Kandungan madu murni dipercaya mampu memulihkan energi dan stamina, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan metabolisme, memperlancar peredaran darah. Selain itu, madu juga diyakini membantu pengobatan flu, infeksi, dan radang; menetralisir asam lambung, asma dan paru, anti-bakteri/virus.

Uniknya, madu yang dijual Bima diberi nama sesuai dengan asal bunga. Misalnya, madu kapuk randu. Madu ini berasal dari bunga pohon kapuk yang diyakini mampu mengobati sariawan, demam, influenza, meningkatkan nafsu makan, dan daya tahan tubuh. Madu kapuk randu baik sekali untuk Balita dan anak-anak, jelasnya.

Madu lengkeng, lanjut Bima, adalah madu yang banyak disukai konsumen. Selain rasanya lebih enak dan manis dibandingkan madu lainnya, madu jenis ini juga berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh dan fungsi otak, memperlancar pengeluran urine, menyembuhkan maag, flu, dan mempercepat penyembuhan luka pasca-operasi.
Jika anda sulit tidur, mungkin anda bisa mencoba madu kopi. Khasiat madu ini bertolak belakang dengan kopi yang membuat anda tahan mengantuk. Madu kopi yang dijual Bima justru mempunyai efek mengantuk sehingga baik untuk penderita insomnia.

Selain memiliki jenis lain seperti madu jamblang, madu rambutan, madu mangga, dan madu jambu mete; Bima juga menyediakan royal jelly, bee polen, dan propolis.

Royal jelly adalah cairan khusus yang dihasilkan kelenjar lebah pekerja muda. Royal jelly merupakan makanan khusus ratu lebah yang berkhasiat untuk menambah selera makan, menambah daya ingat, regenerasi sel, meningkatkan kesuburan, dan mempercepat proses penyembuhan luka dalam.

Sementara bee polen adalah tepung sari bunga. Dikumpulkan lebah khusus yang berfungsi sebagai sumber protein bagi koloni lebah. Sedangkan propolis adalah anti-biotik alami dari getah tanaman khusus yang dikumpulkan lebah untuk melindungi sarang dari musuh dan menambal sarang yang rusak.

Sayangnya, meski memiliki kualitas yang baik produk madu yang diberi nama Java Apriari ini tidak dapat ditemukan di pasaran dengan mudah. Madu kami tidak bisa masuk supermarket atau swalayan karena jumlah produk kami tidak tentu, jadi kami pasarkan sendiri, tutur Bima.

Menurut Bima dan Widi, madu yang dijualnya adalah hasil ternakan sendiri. Jumlah madu yang dihasilkan benar-benar tergantung dari bunga pohon. Otomatis cuaca menjadi penentu utamanya. Uniknya, meski tidak memiliki lahan sendiri tapi madu yang dihasilkannya berasal dari seluruh pelosok Jawa Tengah.

Kami ibarat penggembala lebah. Pinjam lahan untuk ternak lebah. Misalnya, madu kapuk randu kami dapat dari Pati, sementara madu kelengkeng berasal dari Ambarawa. Untuk madu kopi kami dapat dari perkebunan kopi di Semarang, papar Widi.

Jika anda ingin menikmati madu asli, ada baiknya anda harus memahami cara membedakan madu yang masih murni dengan yang tidak. Madu yang asli ternyata tidak bisa hanya dites dengan kehadiran semut atau dibakar.

Menurut Widi, madu asli bisa dibedakan hanya dengan mencampurkan satu sendok madu ke dalam satu gelas air putih. Jika madunya mengendap di dasar gelas maka bisa dipastikan madu tersebut asli. Tapi jika madunya mengambang, berarti madu tersebut telah mengalami campuran bahan lain.

Madu asli pasti lebih berat, jadi dia pasti menetap di dasar gelas. Tapi jika sudah dicampur pasti jadi lebih ringan sehingga mengambang di air, tandas Widi.

Tertarik untuk hidup sehat dengan madu, mungkin anda bisa membeli madu dan mengetes keasliannya. Hidup sehat tidak perlu mahal, cukup makan bergizi dan olahraga. Jika perlu, mungkin anda bisa mengkonsumsi madu sebagai pelengkap.(sumber:abaherbal.com/elly anisyah)

 

 

 

1 Komentar

  1. afry said,

    Juli 9, 2009 pada 11:03 am

    dmn sy bisa mendapatkan madu asli, dan berapa harganya. tq


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: