Menyusui Itu Ternyata Baik Untuk Jantung.

ibu_menyusui

 Tak ada yang bisa menandingi kehebatan dan kelebihan ASI, baik untuk si ibu juga untuk si anak. Menurut sebuah studi yang dilaporkan oleh Reuters (28/4), ketika ibu menyusui bayinya hingga berumur 1 tahun, ada nilai tambah bagi kesehatan untuk si ibu dan si anak.

Dalam studi yang dilaporkan tersebut, para peneliti menemukan bukti bahwa durasi menyusui ASI kepada bayi bisa menurunkan risiko ibu terkena tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi, dan penyakit kardiovaskular setelah ia menopause.

Penemuan ini dilaporkan dalam jurnal medikal Obstetrics dan Gynecology. Data didapat dari penelitian terhadap 140.000 ibu yang menyusui ASI kepada bayinya.

Menurut dr Eleanor Bimla Schwarz dari University of Pittsburgh, manfaat dari menyusui ASI terhadap faktor risiko penyakit kardiovaskular bergantung pada jumlah takarannya. Jadi, semakin lama durasi menyusui ASI-nya, makin baik manfaatnya.
 
Wanita yang menyusui ASI kepada anaknya lebih dari 12 bulan secara signifikan tak memiliki risiko terkena tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung ketimbang ibu yang tak memberikan ASI kepada bayinya.

Schwarz dan para koleganya berspekulasi bahwa memberikan ASI memiliki manfaat lebih dari sekadar mengurangi simpanan lemak si ibu dan efek penurunan risiko terkena serangan jantung bisa jadi timbul akibat efek hormonal dari pemberian ASI.(sumber:kompas)

2 Komentar

  1. Yethie Bessie said,

    Mei 13, 2009 pada 10:33 am

    Boleh diuraikan secara media, bagaimana asi dapat mengurangi resiko berbagai penyakit bagi wanita menyusui dan bayi? Pengen tau aja, karena aku mendukung banget asi eksklusif selama 2 tahun…

  2. Yethie Bessie said,

    Mei 13, 2009 pada 10:36 am

    Ralat, maksudku secara medis tolong dijelaskan. thanks sebelumnya ya…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: