Sayang Korban Hercules Tidak Ada Asuransi

coverrumahnaas

– Penumpang dan awak pesawat TNI, termasuk pesawat Hercules C 130 yang jatuh di Magetan, tidak dilindungi asuransi. Karena itu, para korban Hercules pun tidak mendapat santunan seperti penumpang pesawat sipil. Hal ini tentu sangat disayangkan.

“Sungguh amat memprihatinkan. Dalam menjalankan tugas, mereka (para prajurit TNI-Red) pertaruhkan jiwa dan raga. Tapi pemerintah (eksekutif maupun DPR) tidak menyediakan anggaran untuk jamin perlindungan kesehatan maupun pertanggungan jiwa,” kata Ketua Kaukus Penerbangan DPR Alvin Lie kepada detikcom, Sabtu (23/5/2009).

Informasi yang didapatkan Alvin, penumpang pesawat TNI tidak dicover asuransi, karena penerbangan TNI tidak tergolong penerbangan sipil. Menurut dia, pesawat TNI diklasifikasi sebagai state aircraft.  Jika dalam misi militer, pesawat TNI masuk klasifikasi military flight. Aturannya beda dari penerbangan sipil

“Jangankan penumpang, awak pesawat TNI pun belum tentu dicover asuransi. Setahu saya anggota TNI maupun Polri tidak dilindungi asuransi jiwa maupun kesehatan,” ujar anggota DPR dari PAN itu.

Tentang jatuhnya pesawat Hercules di Magetan, Alvin sungguh sangat prihatin. “Sungguh saya amat prihatin. Dalam waktu sekitar 1 bulan, 3 pesawat TNI mengalami kecelakaan. Fokker di Bandung, Hercules di Wamena, dan Hercules di Magetan,” kata dia.

ALvin meminta TNI AU segera melakukan audit komprehensif terhadap semua pesawatnya. Alvin juga meminta agar anggaran untuk perawatan pesawat juga ditambah. “Saya kahawatir anggaran untuk perawatan pesawat jauh di bawah kebutuhan. Pemerintah dan DPR wajib menyediakan anggaran yang memadai untuk pemeliharaan pesawat TNI,” kata dia.

Pesawat Hercules jatuh di Desa Nggeplak, Karas, Magetan pada Rabu (20/5/2009) pukul 06.25 WIB. Lebih dari seratus orang, terdiri dari awak pesawat, penumpang, dan warga Desa Nggeplak, tewas akibat musibah itu.(sumber/ditulis:Arifin Asydhad-detik.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: