TNI-AL Tingkatkan Kewaspadaan di Perbatasan

– Memanasnya situasi perbatasan Indonesia-Malaysia di kawasan Ambalat, Kalimantan Timur, membuat TNI-AL siaga. Angkatan itu menempatkan tujuh kapal perang di kawasan tersebut.

Tidak cukup dengan itu, TNI-AL juga menyiagakan pasukan Marinir dengan mengadakan latihan perang serius, khususnya mereka yang selama ini ditugaskan di Pulau Sebatik, yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

Keseriusan latihan itu terlihat dari lokasinya. Lokasi yang dipilih adalah titik-titik yang berhadapan langsung dengan Malaysia. Misalnya, di Pantai Sei Pancang yang merupakan daratan Pulau Sebatik dan berhadapan langsung dengan Kota Tawau, Malaysia.

Dalam latihan perang tersebut, tim pasukan elite dan sniper juga dilibatkan. ”Unjuk kekuatan melalui simulasi ini dimaksudkan agar musuh tidak memandang sebelah mata,” kata salah seorang perwira TNI-AL.

Dalam latihan kemarin, dua tim sniper dilibatkan yang masing-masing terdiri atas tiga personel. Mereka ditempatkan di dua titik strategis tempur di sekitar Pantai Sei Pancang.

Tim sniper pertama dilengkapi senjata jenis NTW kaliber 20. Senjata yang beratnya 30 kilogram tersebut memiliki daya jangkau 1.800 meter. Senjata itu diposisikan pada salah satu bangunan tinggi rumah penduduk di Sei Pancang.

Satu tim sniper lain dibekali senjata jenis SPR kaliber 7,62 mm dan diposisikan di ketinggian menara suar milik dinas perhubungan. Jarak antara kedua tim itu sekitar 200 meter.

Komandan Tim Taifib Letda Denny Aprianto menjelaskan bahwa simulasi tersebut dilakukan persis dengan skenario jika terjadi perang sebenarnya. ”Tim sniper kita pasti siap jika memang pertempuran (dengan TDM) harus terjadi,” tegas Denny.

Simulasi perang yang sebelumnya direncanakan berlangsung lebih kurang dua jam, mulai pukul 07.00-09.00 Wita, itu ternyata diperpanjang beberapa jam. (sumber:jawapos)

1 Komentar

  1. tforce2009 said,

    Juni 2, 2009 pada 4:19 am

    Dukung TNI RI yang telah berjuang demi NKRI


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: