TNI di Ambalat Tinggal Tunggu Perintah

Sampai saat ini, posisi TNI di perairan Ambalat adalah terbatas pada mengoptimalkan patroli di sepanjang perbatasan yang masih menjadi wilayah RI. Meski begitu, TNI tetap siap jika keputusan politik pimpinan negara mengharuskan TNI menggunakan segala kekuatan dan kemampuannya.

Kesiapan itu disampaikan secara tidak langsung oleh Kepala Dinas Penerangan TNI AD, TNI AL, dan TNI AU saat mendampingi Kepala Pusat Penerangan TNI Marsekal Muda Sagom Tamboen dalam pertemuan dengan para redaktur pelaksana media di Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (3/6) malam.

Menurut Sagom, pernyataan Presiden Yudhoyono terakhir sudah sangat jelas, yakni meningkatkan jalur diplomasi. Dengan demikian, tidak bisa lain bagi prajurit TNI di lapangan, kecuali mematuhi perintah itu. Prajurit diimbau untuk tidak terprovokasi.

Mengenai kekuatan TNI di Ambalat, Sagom berkali-kali menegaskan tidak akan membuka kepada publik demi alasan strategi. “Yang jelas, cukup untuk menghadapi situasi jika memang diperintahkan,” katanya.

Menurut Kepala Dispen TNI AU Marsekal Pertama Soelistyo, di Ambalat tidak hanya ada TNI AL, tetapi TNI AU juga mengerahkan pesawatnya untuk patroli. “Pokoknya tinggal tunggu perintah saja,” kata Soelistyo mengenai kesiapan TNI AU.(sumber:surya)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: