Keberanian Malaysia Memprovokasi Dipicu Lemahnya Indonesia

 – Keberanian tentara Malaysia melakukan manuver di wilayah perbatasan Indonesia disinyalir muncul karena penilaian atas lemahnya kepemimpinan di Indonesia saat ini.

Keadaan ini tentu sangat berbeda saat Indonesia di bawah kendali Presiden Soekarno dan Soeharto yang dikenal keberaniannya oleh dunia internasional.

“Pemimpin Indonesia yang lemah juga berpengaruh kepada bawahannya. Mereka menjadi takut karena tidak adanya perintah jelas dari atasan,” ujar ahli pertahanan Indonesia Letjen (Purn) Syarwan Hamid dalam talk show bertema Prahara dengan Malaysia: Dari Ambalat hingga Manohara, di Gedung DPD, Senayan, Jakarta, Jumat (5/06/2009).

Para pemimpin Malaysia dalam kasus ini telah berhitung, Pemerintah Indonesia akan menempuh jalur diplomasi. Sehingga persoalan sengketa perbatasan akan diselesaikan dalam forum pertemuan yang berkelanjutan.

“Tidak akan ada penyelesaian, jadi cara yang terbaik adalah keberanian dari prajurit di perbatasan,” ungkapnya.

Penurunan kualitas kepemimpinan ini sangat disayangkan Syarwan. Ke depan dia berharap para calon pemimpin yang akan berlaga dalam pilpres apabila terpilih bisa memiliki keberanian dalam segala hal, khusunya menyangkut pertahanan Indonesia yang saat ini sistemnya kurang jelas.

“Pertahanan kita tidak jelas, lihat saja pesawat kita tidak diapa-apain sudah jatuh, apakah sistem keamanan dan pertahanan kita sudah siap, itu yang tidak dibangun oleh negara kita,” pungkasnya.(sumber/ditulis:Yuni Herlina Sinambela).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: