NKRI Desak Malaysia Hentikan Provokasi di Ambalat

  – Komisi I DPR yang membidangi pertahanan dan luar negeri akan melakukan lawatan ke Malaysia hari ini. Mereka direncanakan akan bertemu dengan pimpinan parlemen dan pemerintah Malaysia terkait tindakan provokasi Angkatan Laut Malaysia di Blok Ambalat.

Menurut Ketua Komisi I DPR Theo L Sambuaga, tim kecil yang berangkat ke Malaysia dipimpin Wakil Ketua Komisi I DPR Yusron Ihza, dan diikuti sejumlah anggota dewan seperti Happy Bone Zulkarnaen, Andreas Pareira, Joko Susilo, dan Shidiq Wahab. “Saya sendiri tak berangkat, tapi sebelumnya Komisi I sudah melakukan koordinasi dan konsultasi dengan pihak pemerintahan, TNI AU dan lainnya,” papar Theo kepada okezone, Senin (8/6/2009).

Dia menjelaskan, tim juga mendapat arahan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang menegaskan bila kedaulatan NKRI adalah harga mati. “Sebab itu, tim akan mendesak pimpinan parlemen dan pemerintah Malaysia agar Angkatan Laut Malayasia tidak melakukan tindakan provokasi,” ungkap Theo.

Menurut dia, Indonesia tidak mengharapkan hubungan di antara kedua negara bertetangga ini memburuk gara-gara tindakan Angkatan Laut Malaysia yang melakukan manuver di perairan Blok Ambalat. “Kalau sampai terjadi situasi memburuk, maka Malaysia harus bertangung jawab,” tegasnya.

Untuk menyakinkan pimpinan parlemen Malaysia, tim RI yang didampingi Departemen Luar Negeri akan membawa bukti-bukti historis, defakto, hukum iternasional dan sebagainya. “Dalam perundingan nanti, Deplu akan memperkuat amunisi argumentasi mengenai bukti-bukti jika Blok Ambalat adalah wilayah Indonesia,” kata Theo yang berharap krisis Ambalat ini dapat diselesaikan melalui hubungan bilateral.(sumber:OZ)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: