Perang Ambalat Bisa Menguntungkan Malaysia

– Pemerintah harus tegas dan tidak terprovokasi dengan melakukan penembakan terlebih dahulu atau membuka peperangan dengan Malaysia dalam menyikapi kemelut di Blok Ambalat.

“Pemerintah harus jeli dengan menggunakan jalur diplomasi. Apabila kita menggunakan jalur peperangan, maka hal itu yang sangat diinginkan Malaysia untuk ditindaklanjuti ke PBB,” ungkap anggota Komisi III DPR Soeripto dalam Diskusi Jurnalis; Anggaran Pertahanan dan Kedaulatan NKRI di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Selasa (9/6/2009).

Menurut dia, semestinya Indonesia memperkuat basis pertanahan dan keamanan di wilayah perairan. “Kita harus memperkuat pertahanan perairan, karena negara kita terdiri dari 2/3 wilayah perairan,” terang Soeripto.

Kata politisi dari Partai Keadilan Sejatrera itu, Indonesia harus memperkuat pertahanan perairan khususnya di daerah rawan konflik dan mengandung sumber daya alam, serta asal lintas transnasional crime. Soeripto juga mengkrtisi pemekaran kodam dan kostrad di Kalimantan yang dinilainya tidak perlu. “Yang harus diperhatikan ialah memperkuat angkatan laut dan udara,” imbuhnya.

Dia menyarankan masyarakat harus lebih tegas terhadap pemerintah serta melakukan pemboikotan terhadap produk Malaysia jika dimungkinkan, atau melakukan pencabutan TKI yang ada di Malaysia. (OZ)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: