Malaysia Sepakat Gunakan Konvensi Hukum Laut

Malaysia sepakat dengan Indonesia untuk memulai kembali perundingan soal Ambalat dengan mempergunakan Konvensi Hukum Laut 1982.

Demikian ditegaskan Anggota Komisi I DPR Djoko Susilo kepada BBC, London, Kamis (11/6).
Kesimpulan ini didapat Djoko Susilo setelah bertemu dengan wakil Menteri Luar Negeri Malaysia Rabu (10/06) di Kuala Lumpur.
Djoko termasuk di antara lima anggota DPR yang berkunjung ke Malaysia terkait dengan krisis Ambalat. Dalam kunjungan itu anggota DPR juga bertemu dengan pihak Angkatan Laut Malaysia.

Konvensi yang dimaksud oleh Djoko Susilo adalah United Nation Convention Law of the Sea 1982 yang sudah diratifikasi oleh Indonesia dan Malaysia.

“Indonesia berada pada posisi yang lebih kuat karena menurut konvensi itu kami mempunyai soveign rights, beda dengan sovereignity, terhadap Ambalat,” ujar Djoko.

“Karena Indonesia adalah negara kepulauan berdasarkan konvensi itu, sementara Malaysia tidak. Jadi ketentuan mengenai negara kepulauan berlaku untuk Indonesia dan tidak untuk Malaysia.”

Djoko Susilo mengatakan Angkatan Laut Malaysia meminta maaf atas perbuatan personelnya yang tidak menyenangkan bagi Indonesia.

Pertikaian mengenai kepulauan yang diperkirakan memiliki cadangan gas dan minyak ini berawal dari satu peta yang dibuat oleh Malaysia tahun 1979 yang menempatkan kepulauan itu ke dalam wilayahnya. Indonesia memprotes langkah Malaysia itu.

Tahun 1999 dan 2004 Indonesia memberi konsesi kepada dua perusahaan minyak untuk melakukan eksplorasi di wilayah tersebut. Sementara tahun 2005 Malaysia menyerahkan kontrak eksplorasi di wilayah yang sama kepada satu perusahaan minyak asing. (Sumber:MI)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: