9 Tahun Jadi Pemimpin Pencuri

basmi_pencuri

Sama-sama suka main Playstation (PS), tetapi juga sama-sama berkantong kempes, enam siswa SD berkomplot mencari uang dengan mencuri helm di beberapa kampus.

Anak-anak dari kawasan Gubeng Airlangga ini telah beberapa kali mencuri helm selama dua bulan terakhir. Saat beraksi di tempat parkir kampus B (Fakultas Ekonomi) Unair, Selasa (16/6), mereka diringkus satpam dan diserahkan ke Mapolsek Gubeng.

Pemimpin geng adalah MAA (9) siswa kelas VI. Dua di antara anak buahnya adalah RKM (12) dan YS (12). Mereka diringkus saat mencuri helm di sepeda motor milik Ilma Sulistyo (20), mahasiswa FE Unair. ”Begitu tepergok, RKM secepat kilat melemparkan helm ke MAA. Mereka langsung naik ke sepeda motor yang dikendarai YS. Satpam bergegas mengejar dan berhasil menangkap mereka,” ungkap Kapolsek AKP Dwi Eko Budi.

Tiga siswa SD ini diserahkan ke Mapolsekta Gubeng. Kepada petugas, mereka mengaku berenam. Tiga teman mereka kabur begitu mengetahui MAA, RKM, dan YS ditangkap. Selain helm milik Ilma, sebelumnya mereka lebih dulu mengembat helm di tempat parkir motor Fakultas Sastra. Namun, jauh sebelum itu, dalam dua bulan terakhir, mereka sudah beberapa kali mencuri helm di sejumlah tempat.

Mereka mengaku menjual helm hasil curian seharga antara Rp 10.000 dan Rp 25.000. ”Uangnya untuk main PS sama-sama,” ujar RKM dengan mimik serius.

Saat beraksi, ada yang bertugas mengambil helm dan ada yang bersiap-siap di atas sepeda motor yang mesinnya dalam keadaan hidup. Pengambil helm berpura-pura berjalan di areal parkir. Begitu situasi sepi, mereka ambil helm dan secepat kilat tancap gas.

Kapolsek Dwi Eko mengatakan akan mengembalikan para tersangka ke orangtua. Namun, sebelumnya, dua orangtua lebih dulu dipanggil ke polsek untuk diberi pengarahan. ”Kami tak mungkin menahan mereka karena mereka di bawah umur. Harus dikembalikan ke orangtua untuk dibina,” ujarnya. (KOMPAS)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: