Tanggal 13 Juli, Indonesia Berunding Soal Ambalat

– Perundingan antara Indonesia dan Malaysia menganai sengketa blok Ambalat di kawasan Kalimantan bagian Timur akan diselenggarakan pada tanggal 13 Juli mendatang, dengan Malaysia sebagai tuan rumah.

“Kita (pemerintah Indonesia) telah menetapkan perundingan selanjutnya diadakan tanggal 13-14 Juli. Hal tersebut minggu lalu telah kita sampaikan ke pihak Malaysia,” terang Teuku Faizasyah, di Jakarta, Jumat (19/6).

Namun, kata Faizsyah, sampai saat ini pihak Malaysia belum memberikan konfirmasi mengenai tanggal yang diminta oleh Deplu tersebut. Selain itu, Indonesia juga tidak memberikan tenggat waktu kepada pihak Malaysia, kapan perundingan ke 14 ini harus diselenggarakan. “Perundingan dilakukan dua pihak, kalah salah satu pihak salah satu belum siap bagaimana kita mau melakukan perundingan. Tapi kami akan terus melakukan tekanan,” terang dia.

Pada bagian lain, ia menyebutkan, pihak Deplu juga belum merasa perlu perundingan tersebut dilakukan pada negara ketiga. “Ini perundingan bilateral, belum perlu dilakukan dinegara lain yang dianggap netral. Netral untuk siapa?” ujarnya.

Tim delegasi Indonesia akan dipimpin oleh, Arief Havas Oegroseno Dirjen Hukum dan Perjanjian Intenasional Deplu. “Karena ini isu kompleks maka melibatkan banyak pihak, seperti TNI AL, Dinas pemetaan, DKP (Departemen kelautan dan Perikanan),” kata dia.

Lebih lanjut, Faizazyah menerangkan, dalam perundingan tersebut, tim delegasi Indonesia juga akan membahas tentang perbatasan laut lainnya, seperti laut Cina Selatan, laut Sulawesi, dan Selat Malaka. “Semua itu satu paket, tidak dipilah-pilah,” tegasnya.(sumber:kompas)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: