Tragis TKW asal Tasikmalaya Diduga Disekap Majikannya di Arab Saudi

tki

– Penderitaan tenaga kerja wanita (TKW) asal Indonesia masih terus berlangsung. Sebelumnya, Siti Hajar, TKW asal Garut, disiksa majikannya di Malaysia. Kali ini Eem, 23, alias Limah, TKW asal Kota Tasikmalaya, yang mengalami nasib serupa.

Warga Kampung Madewangi RT 03 RW 02, Kelurahan Setiamulya, Kecamatan Tamansari, tersebut disekap majikannya, Safi Zed Al Sihli, di Riyadh, Arab Saudi.

Selain disekap, putri pasangan Aat, 55, dan Maenah, 52, itu tidak menerima gaji sejak dipekerjakan pada 2002 hingga sekarang. Bahkan, Eem di Arab diperlakukan secara tidak manusiawi. Dia disuruh tidur di bawah tangga.

Kabar penderitaan pahlawan devisa tersebut disampaikan langsung orang tua Eem dari Jakarta saat mengunjungi Graha Pena Radar Tasikmalaya (Jawa Pos Group) tadi malam (18/6). Mereka didampingi tetangganya, Jani dan Engkus.

Jani mengisahkan awal mula penderitaan Eem. Dia mengungkapkan, Eem direkrut PT Sapta Guna untuk dipekerjakan di Arab sebagai pembantu rumah tangga (PRT) pada 2006 dengan masa kontrak dua tahun.

Dalam perjanjian kontrak tersebut, Eem yang pada waktu itu masih berusia 16 tahun dijanjikan menerima gaji 600 real atau setara dengan Rp 1,5 juta per bulan. “Eem akhirnya berangkat ke Arab. Dia dipekerjakan di rumah Safi Zed Al Sihli di Riyadh,” terang Jani.

Namun, lanjut dia, sejak kepergiannya hingga sekarang, pihak keluarga sama sekali tidak menerima kabar tentang Eem. “Jangankan kiriman uang, kabarnya pun keluarga tidak tahu,” jelasnya dibenarkan Maenah.

Orang tua Eem pernah menanyakan nasib putrinya itu ke PT Sapta Guna beberapa tahun lalu. Namun, pihak perusahaan hanya berjanji berupaya mencari Eem. Perusahaan malah mengabarkan bahwa Eem kabur dari tempat kerjanya. “Informasi Eem kabur akhirnya membuat keluarga pasrah. Bahkan, Eem dianggap sudah meninggal dunia,” ucap Engkus.

Namun, kabar mengejutkan muncul Minggu lalu (14/6). Orang tua Eem kedatangan dua laki-laki yang belakangan diketahui bernama Atung dan Dayat, warga Subang. Keduanya mengabarkan Eem masih hidup dan disekap majikan. (sumber:jawapos)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: