Nelayan Sebatik Ikrar Setia kepada NKRI

82610large

NUNUKAN – Berbagai cara dilakukan untuk meningkatkan rasa nasionalisme warga Indonesia yang berada di wilayah perbatasan dengan negara tetangga. Forum Kerukunan Keluarga Putra-Putri TNI-Polri (FKPPI) Kecamatan Sebatik, Nunukan, Kalimantan Timur, membagikan 800 lembar bendera Merah Putih kepada para nelayan di wilayah itu.

Selanjutnya, bendera tersebut dipasang di perahu, kapal, serta bagan milik nelayan yang selama ini digunakan untuk menjalankan usahanya. Pembagian bendera itu diawali dengan upacara bendera di kawasan pantai Desa Tanjung Aru.

Yang bertindak sebagai inspektur upacara sekaligus menyerahkan secara simbolis bendera kepada wakil nelayan saat itu adalah Danramil Sebatik Kapten CHB Andi Sudirman. Bukan sekadar penyerahan bendera, dalam upacara yang dihadiri para pejabat muspika, tokoh masyarakat, tokoh agama, wakil sejumlah organisasi, serta masyarakat umum tersebut juga ada pembacaan ikrar setia terhadap NKRI dari nelayan.

Butir-butir ikrar itu dibacakan Ketua Kelompok Nelayan Kecamatan Sebatik Rustam. Pertama, akan tetap setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasar ideologi Pancasila dan Undang- Undang Dasar 1945. Kedua, dengan semangat nasionalisme yang tinggi, mereka siap menjadi benteng terdepan dari setiap ancaman terhadap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ketiga, senantiasa turut serta dalam upaya menjaga dan memajukan harkat martabat bangsa dan negara Republik Indonesia. Empat, akan tetap menjaga persatuan dan kesatuan yang didasarkan pada rasa persaudaraan demi terciptanya keamanan, ketertiban, dan keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kelima, masyarakat bahari turut bertanggung jawab menjaga kelestarian lingkungan untuk diwariskan kepada generasi yang akan datang.

Setelah upacara bendera, kegiatan yang diberi nama Penyerahan Bendera Merah Putih dan Wisata Merah Putih ke Karang Unarang tersebut dilanjutkan dengan kunjungan ke kawasan perairan Ambalat, lokasi yang belakangan ini kepemilikannya kerap dipertikaikan dengan Malaysia.

Partisipasi masyarakat dalam mendukung kegiatan itu, antara lain, menyediakan tiga unit kapal nelayan yang masing-masing dapat mengangkut sekitar 100 penumpang. Tiga unit perahu karet pasukan Marinir yang bertugas di Sebatik juga dikerahkan menuju salah satu bagan milik nelayan Sebatik guna pemasangan secara simbolis bendera Merah Putih. Selanjutnya, ratusan bagan lainnya juga dipasangi bendera Merah Putih. (sumber:jawapos)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: