Tentara Israel Bantai 774 Warga Sipil Palestina

Kelompok hak asasi manusia (HAM) Israel memastikan bahwa lebih separuh dari 1.387 warga Palestina yang tewas dalam serangan Israel di Jalur Gaza akhir tahun 2008 hingga awal 2009 adalah warga sipil.

Hasil penelitian B’Tselem ini bertentangan dengan klaim Pemerintah Israel yang membantah telah membantai warga sipil Gaza. Israel menyebut, para korban tewas sebagian besar militan.

B’Tselem mengadakan penelitian selama berbulan-bulan, termasuk mendatangi para keluarga korban. Kelompok itu pun menegaskan, seharusnya Pemerintah Israel melakukan penyelidikan independen terhadap kasus ini.

“Korban sipil tewas yang sangat ekstrem dan kerusakan masif pada properti warga sipil mengharuskan introspeksi serius di dalam masyarakat Israel,” tulis B’Tselem, menegaskan bahwa pemerintah tidak cukup hanya melakukan pemeriksaan internal terhadap tentara Israel.

Menurut B’Tselem, 1.387 warga Palestina di Jalur Gaza tewas dalam serangan itu, termasuk 774 warga sipil dan 330 pejuang. Kelompok itu menyebut 248 polisi Palestina ikut tewas ketika mereka bertugas di dalam kantor polisi. Sebagian besar dari mereka tidak sempat melarikan diri karena serangan udara mendadak di hari-hari pertama.(sumber:kompas.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: