Sembilan Jenis Susu Serta Manfaatnya

1157982028milk_skim

MANFAATNYA segudang, meski demikian tidak banyak orang menyukai susu atau bahkan menjauhinya hanya karena alasan takut gemuk. Padahal mengingat banyak nutrisi yang dikandungnya, maka diperlukan membangun kesadaran akan manfaat susu agar masyarakat mau mengkonsumsi.
Sebagai permulaan, jika Anda masih canggung mengonsumsi susu dan menghindari rasa mual Anda dapat mengganti susu dengan produk olahan susu seperti keju, yoghurt, es krim, susu evaporasi atau susu kedelai yang tidak mengandung laktosa. Beberapa produsen susu juga telah membuat susu tanpa laktosa yang dapat dikonsumsi oleh penderita intoleransi laktosa.
Bila Anda hendak mengkonsumsi susu, sebaiknya Anda tidak menggunakan susu kental manis karena susu jenis ini kandungan nutrisinya lebih rendah akibat proses pembuatannya juga banyak mengandung lemak dan gula yang kurang baik untuk tubuh. Konsumsi susu yang dianjurkan adalah 3 porsi setiap hari.
Sebelum mengonsumsi susu sebaiknya Anda mengenai agar pas dengan kebutuhan tubuh Anda. Berikut adalah jenis-jenis susu yang bisa Anda konsumsi.
Full cream
Mengandung 4% lemak dan umumnya banyak mengandung vitamin A dan vitamin D.
Low fat

Susu rendah lemak, karena kandungan lemaknya hanya setengah dari susu full cream.
UHT

Merupakan singkatan dari Ultra-High Temperature-Treated. Susu jenis ini adalah susu yang dipanaskan dalam suhu tinggi (140° C) selama 2 detik yang kemudian langsung dimasukkan dalam karton kedap udara. Susu ini dapat disimpan untuk waktu yang lama.
CLA

Susu ini bermanfaat bagi orang yang ingin merampingkan tubuh. Kepanjangan dari CLA adalah Conjugated Linoleic Acid yang akan membantu dalam pembentukan otot dan mempercepat pembakaran lemak.
Skim

Susu yang kandungan lemaknya lebih sedikit lagi, kurang dari 1%.
Susu evaporasi
Yaitu susu yang telah diuapkan sebagian airnya sehingga menjadi kental. Mirip dengan susu kental manis, tetepi susu jenis ini rasanya tawar.
Susu pasteur
Susu yang melalui proses pasteurisais (dipanaskan) 65° sampai 80° C selama 15 detik untuk membunuh bakteri patogen yang dapat menyebabkan penyakit.
Flavoured
Sebenarnya susu full cream atau low fat yang ditambahkan rasa tertentu untuk variasi. Misalnya susu coklat, strawberry, pisang, dan rasa lainnya. Umumnya memiliki kandungan gula yang lebih banyak karena penambahan rasa ini.
Calcium enriched
Susu yang ditambah dengan kandungan kalsium dan kandungan lemaknya telah dikurangi.  (sumber/ditulis:mediaindonesia/ Retno Hemawati)

 

 

2 Komentar

  1. retnodevil said,

    Juni 15, 2010 pada 10:54 am

    Lhooo, ada tulisanku diunduh juga di sini, so tengkiu….
    btw, silakan mampir di blogku ya.. http://retnodevil.wordpress.com/2010/06/14/lupakan-manolo-blahnik-beralihlah-ke-tory-burch/

    retno

    • Pandawa Lima said,

      Juni 21, 2010 pada 5:00 am

      ok mbak,terima kasih atas ijinnya ya….coz tulisannnya sangat bermanfaat bagi orang banyak.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: